Jumat, Oktober 7, 2022

2 Hal yang Gak Boleh Kamu Omongin ke Orang Depresi

spot_img
  • Lebih dari 12 juta penduduk Indonesia berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi (Riset Kesehatan Dasar 2018)
  • Komentar yang bermaksud baik tetapi berbahaya dari teman dan/atau kerabat dapat menambah depresi seseorang.
  • Memahami bahwa depresi tidak selalu “tentang” sesuatu adalah langkah penting dalam mempelajari cara berbicara dengan seseorang yang mengalami depresi.
  • Mempelajari bahwa depresi tidak sepenuhnya berada di bawah kendali orang tersebut adalah penting untuk dapat membantu orang yang dicintai yang mengalami depresi.

Kutub.id – Bukan rahasia lagi ada banyak orang depresi di dunia.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi.

Sayangnya, banyak orang kesulitan berbicara dengan orang yang mereka kenal sedang mengalami depresi. Mereka yang mengalami depresi tahu kapan hal ini terjadi, yang dapat menambah beban dan menghasilkan pemikiran seperti, “Lihatlah betapa tidak nyamannya orang-orang di sekitar saya.”

orang-orang depresi mencoba mengatakan hal-hal yang bermaksud baik kepada yang tidak. Namun, pada akhirnya malah makin menjauhkan mereka dari orang-orang tersebut karena mereka tidak paham mengenai depresi. Akhirnya, mereka semakin terasing yang makin memperburuk kondisi kesehatannya. 

Jika Anda mengenal seseorang yang mengalami depresi atau bekerja di lingkungan di mana Anda bertemu dengan individu yang depresi dan tidak yakin bagaimana membicarakannya dengan mereka, ada dua frasa yang sangat merusak yang harus dihindari—dan alternatif yang bermanfaat untuk digunakan sebagai gantinya.

1. “Apa sih yang bikin kamu depresi?”

Ada kesalahpahaman mengenai depresi, bahwa depresi harus selalu “tentang” sesuatu. Bahwa suasana hati yang buruk selalu merupakan reaksi terhadap pertemuan yang tidak diinginkan. Yang benar adalah, depresi bisa seperti saudara yang galak yang suka “muncul” tanpa pemberitahuan. Hal ini terutama berlaku untuk depresi melankolis, seperti yang dijelaskan dalam “The Darkest Mood“, dan fase depresi dari gangguan bipolar.

Bahkan jika seseorang mengalami depresi tentang peristiwa kehidupan, menanyakan apa yang membuat mereka tertekan, seolah-olah menunjukkan bahwa Anda mencoba memahami situasi atau “menempatkan segala sesuatu dalam perspektif” untuk mereka, itu tidak valid dan meremehkan. 

Baca juga Apa yang Harus Dilakukan Ketika Hilang Akal karena Anak

Ini hampir mirip dengan mengatakan bahwa mereka bodoh membiarkan diri mereka sampai ke titik itu. Meskipun cara kita berpikir tentang berbagai hal tentu mempengaruhi suasana hati kita, belajar mengubah cara kita berpikir tentang hal itu untuk meningkatkan suasana hati tidak semudah menekan saklar on/off.

Alternatifnya

Alih-alih menanyakan apa yang membuat dia tertekan, pertimbangkan untuk membuka percakapan dengan mengakui masalah tersebut, misalnya, “Hei, aku tahu kamu lagi gak baik-baik aja akhir-akhir ini. Kasih tahu apapun yang bisa aku lakuin buat bantu ya…” Pernyataan seperti itu ramah, memvalidasi, dan karena itu secara inheren mendukung.

Lebih jauh lagi, menanyakan pengalaman mereka dan menunjukkan bahwa kamu ingin mengerti juga dapat diterima dengan baik, mengingat kamu datang kepada mereka alih-alih mereka mencari seseorang dan merasa bersalah serta memberatkan karena menginginkan perhatian kamu. Pertimbangkan pembuka percakapan berikut: “aku gak tahu banyak soal depresi. Tapi aku tahu, beda orang beda pengalamannya. Menurutmu gimana?”

Anda dapat menindaklanjuti dengan respons seperti, “Wah pantes. Aku jadi paham kenapa kamu stress.” Garis percakapan ini juga dapat mengarah pada pembelajaran tentang apa yang bermanfaat bagi orang tersebut, psikoterapi berorientasi solusi ala-ala. seperti yang diuraikan di bawah ini.

2. “Lupain aja!” atau “Pikirin pikiran bahagia!”

Sangat diragukan bahwa setiap orang yang depresi pernah mendengar salah satu dari komentar ini dan berkata pada diri mereka sendiri, “Astaga, aku gak pernah mikirin itu!” Mereka akan melakukannya jika semudah itu.

“Pikirin aja pikiran-pikiran bahagia” adalah nasihat yang sama tidak bergunanya; jika itu hanya permainan citra positif versus negatif, tidak ada yang akan tertekan. Tentu, terapi kognitif membantu merestrukturisasi skema inti negatif yang melanggengkan depresi, tetapi ini lebih canggih daripada “hanya memikirkan pikiran bahagia.”

Malah “pikiran bahagia” membuat segalanya menjadi lebih sulit karena memikirkan hal-hal yang membuat mereka bahagia dikaitkan dengan apa yang tidak mereka miliki saat ini karena mereka sangat tertekan.

Lebih jauh, sementara pola pikir negatif pasti berkorelasi dengan depresi, mencoba mengubah pikiran tidak banyak berguna ketika pikiran itu berasal dari efek neurovegetatif/kognitif seperti kelesuan, agitasi, masalah tidur dan nafsu makan, dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.

Alternatifnya 

Alih-alih “lupain aja” atau “mikirin pikiran-pikiran bahagia”, beberapa komentar yang lebih konstruktif akan mengikuti ungkapan “Bagaimana menurut Anda?” di atas.

Salah satu contohnya adalah, “Apa yang bisa membantu dalam mengelola semuanya?” Seperti yang diajarkan dalam psikoterapi berorientasi solusi, membuat seseorang menyadari bahwa mereka setidaknya melakukan sesuatu untuk mencegahnya menjadi lebih buruk dapat terasa memberdayakan, karena memberikan semacam kendali atas situasi.

Pendekatan lain adalah meyakinkan mereka dan memberitahu mereka bahwa mereka memiliki orang yang mendukung seperti dirimu. Ini bukan untuk mengatakan kamu menjamin bahwa depresi akan hilang secara ajaib, melainkan mengingatkan mereka bahwa kamu ada (dengan cara yang tidak menggurui).

Meskipun memiliki seseorang untuk diajak bicara bukanlah penghapus depresi, itu bisa berarti, seperti dicatat oleh Letnan Kolonel David Grossman dalam bukunya On Killing, “rasa sakit yang dibagi adalah rasa sakit yang dibagi.”

Kepastian juga bisa dalam mengingatkan mereka bahwa itu dapat diobati, terutama jika mereka belum pernah melakukan intervensi sebelumnya, dan bahwa kamu dapat membantu mereka mengatur perawatan jika perlu. Seperti dicatat oleh Francis Mondimore, MD (2006), ini bisa menjadi “usaha untuk sembuh.”

Sejalan dengan itu, begitu orang tersebut dalam perawatan, dorongan sangat penting. Orang yang depresi sering kali ingin menyerah pada pengobatan, mengingat faktor suasana hati yang putus asa, atau merasa frustasi karena langit tidak kunjung cerah. Menunjukkan adanya perubahan kecil bisa sedikit menunjukkan langit berubah menjadi abu-abu tanda menuju cerah baru dan makin mendorong usaha untuk sembuh. 

Terakhir, jika orang tersebut pernah mengalami serangan sebelumnya, ingatkan mereka bahwa episode cenderung berkurang dan hilang. Jika kamu tahu, mereka pernah mengalami episode sebelumnya dan mengalami pengurangan, tanyakan apa yang memungkinkan mereka untuk menghilangkan depresi atau menahannya di masa lalu. 

Serupa dengan yang disebutkan di atas, ini juga memberdayakan karena mengingatkan mereka bahwa mereka tahu bagaimana menjadi pemenang. Mungkin mereka merasa lebih terhubung dengan orang lain, atau lebih banyak berolahraga, semua hal yang mungkin bisa Anda bantu.

Artikel ini merupakan alibahasa dari Psychology Today.

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles