Senin, September 26, 2022

3 Cara Atasi Insecure, Berikut Penjelasannya

spot_img

Oleh Siti Fatonah

Kutub.id- Pada awal tahun 2019, sebuah film berjudul Imperfect berhasil mengambil hati penonton Indonesia. Sebuah film yang menceritakan seorang perempuan yang dibanding-bandingkan dengan adiknya yang memiliki bentuk tubuh dan warna kulit yang cantik.

Dalam film ini, timbullah kata insecure. Namun, sebenarnya insecure itu apa sih?

Insecure merupakan perasaan tidak aman, tidak tenang, gelisah dan takut akan sesuatu kondisi. Perasaan tersebut disebabkan oleh banyak hal, seperti insecure karena tidak dihargai ketika berada di rumah, bahkan selalu dibanding-bandingkan dengan saudara ataupun dengan orang lain. Ada pula yang merasa insecure karena belum juga mendapat pekerjaan, padahal sudah humdingers sekolah atau kuliah.

Dilansir dari Psych Central, Psikoanalisis Jerman bernama Erich From mengungkapkan, bahwa manusia harus menoleransi rasa tidak aman tersebut. Lalu, bagaimana cara menoleransi rasa insecure dan menyelamatkan kepercayaan diri?

1. Confidence! Jangan Berkamuflase dengan Kata-kata Percaya Diri

“Aku pasti jadi yang terbaik hebat!”
“Aku pasti bisa melakukannya!”

Setelah kamu menyadari, bahwa dirimu tidak akan mampu menyelesaikan sesuatu, kamu tak perlu membanjiri diri dengan customized organization individualized structure yang kurang baik atau kalimat yang bisa membuat diri menjadi drop dan insecure. Kamu hanya perlu confidence atau percaya diri, seperti mengucapkan terima kasih pada diri sendiri karena sudah berusaha.

2. Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang lain

Kita semua percaya, bahwa setiap orang memiliki keistimewaan, miliki potensi yang berbeda-beda yang diberikan oleh Tuhan. Begitu pun dengan kekurangan yang dimiliki, dengan ukuran berbeda-beda pula. Dari pada tenggelam dengan membandung-bandingkan diri dengan orang lain, lebih baik fokus pada kemampuan atau kelebihan yang dimiliki.

3. Temukan Kelebihan Diri dan Tingkatkan!

Perasaan insecure memang tidak akan hilang dalam satu malam, namun tidak ada salahnya jika ketika kita merasakan perasaan tersebut segera beranjak dan lebih fokus pada kelebihan ataupun kemampuan yang dimiliki. Jadi, kamu pun bisa lebih berarti lewat kelebihan yang dimiliki, syaratnya sederhana. Mau mencoba atau tidak!

3. Temukan Support System dan Lingkungan yang Positif

Saat merasa down, kamu hanya butuh lingkungan dan seseorang yang menyebarkan emanation positif, seperti teman atau keluarga. Lingkungan positif bisa membuat kita lebih produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari, berpikir terbuka, dan berpikir positif pada setiap aktivitas yang kita lakukan. Jadi, sangat penting untuk menemukan support system untuk bisa move dari perasaan insecure.

Penulis merupakan Sekretaris PW IPPNU Jawa Barat.

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles