Jumat, Oktober 7, 2022

Bentuk Prinsip Intelektual, Pelajar NU Kota Cirebon Gelar Lakmud

spot_img

Cirebon, Kutub.id- Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Cirebon selenggarakan Latihan Kader Muda (Lakmud) di Yayasan al-Ichsan Kota Cirebon, Jumat (14/01).

Hadir Bendahara PW IPNU, Ketua PC IPNU dan IPPNU, Kapolres, serta 30 peserta yang berasal dari beberapa wilayah di Kota Cirebon.

Bendahara PW IPNU, Iqna menyampaikan, menumbuh kembangkan prinsip intelektual seorang pelajar dalam kaderisasi sangat penting. Banyak prinsip dan cara pandang yang harus di luruskan untuk berorganisasi dengan baik. Seperti halnya menegaskan prinsip kebangsaan, agama, dan keberagaman bagi para pelajar.

Menurut Iqna, pasalnya sebagai insan penerus bangsa nantinya akan menyambut perkembangan dunia yang dinamis dengan menjadi pemimpin dan bergerak mengembangkan organisasi.

“Ke depannya kader IPNU dan IPPNU harus bisa menjadi pemimpin masa depan, menjadi motor penggerak bagi organisasinya, bahkan menjadi penggerak di lini pemerintahan maupun masyarakat sekalipun,” ucap Iqna.

Senada dengan hal tersebut, Ketua PC IPNU, Aziz menyampaikan bahwa IPNU dan IPPNU saat ini menjadi Banom NU yang masih konsisten menjaga dan melestarikan ideologi Ahlussunnah wal Jama’ah.

Aziz mengatakan, hal tersebut menjadi tombak terdepan dalam memperjuangkan keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam bingkai persatuan dan kesatuan, “Kita semua adalah garda utama perdamaian. Dalam pergerakannya, IPNU dan IPPNU harus saling bahu-membahu untuk menjaga keamanan, serta mendampingi jajaran pemerintah dalam menjalankan program-programnya,” ujar Aziz.

“IPNU dan IPPNU tetap menjaga dan mengawal program-program yang direncanakan oleh pemerintah, baik pemerintah daerah, provinsi maupun pemerintah pusat. Jadi tidak ada sejarahnya IPNU IPPNU itu mau mengubah status tatanan negara Indonesia. Kita juga harus menjadi garda terdepan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan NKRI khususnya di ranah-ranah pelajar,” imbuhnya.

Sementara, Kapolres Kota Cirebon berharap agar kader IPNU dan IPPNU turut berintegritas bersama TNI dan POLRI.

“Kekuatan-kekuatan ketahanan negara di samping TNI dan POLRI harus di dukung dengan teman-teman dari NU, baik kiai, ulama, bahkan anggota lainnya. Sehingga, diharapkan mampu berjuang dan berintegritas kami,” pungkasnya.

Teks/Foto: Dea Mariyana

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles