Selasa, Oktober 4, 2022

5 Menu Buka Puasa Rendah Kalori, Cocok untuk Diet selama Bulan Ramadhan

spot_img

Kutub.id- Bulan puasa ramadhan merupakan moment istimewa untuk umat Muslim di seluruh dunia. Umat Muslim yang memenuhi kriteria syarat berpuasa diwajibkan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh dengan menahan lapar serta haus demi mendapatkan pahala juga ridho Allah SWT.

Tidak hanya mendapatkan pahala, momen istimewa ini juga biasa dimanfaatkan beberapa wanita untuk melakukan program diet atau menurunkan berat badan. Bulan ramadhan ini juga merupakan saat yang tepat untuk mengatur pola makan.

Lalu, apa saja makanan buka puasa rendah kalori yang bisa dipilih? Tentu saja, kamu perlu menyiapkan menu buka puasa rendah kalori supaya tidak kalap dan makan terlalu banyak karena telah menahan rasa lapar seharian.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut menu buka puasa rendah kalori yang patut kamu coba.

Nasi Merah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kalori pada nasi merah lebih rendah daripada nasi putih yang sering kita konsumsi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah sebagai menu buka puasa.

Tidak hanya itu, menurut Asian-Australasian Journal of Animal Sciences nasi merah juga lebih baik untuk melawan radikal bebas serta mengandung konsentrasi antioksidan flavonoid yang cukup tinggi.

Alpukat

Buah satu ini memang terkenal cukup mengenyangkan. Maka dari itu, alpukat bisa menjadi salah satu menu alternatif berbuka puasa jika kamu sedang diet.

Baca Juga: Mengapa Sebagian Wanita Malas Berolahraga? Simak Alasannya!

Selain bisa disajikan dalam bentuk jus, kamu juga bisa mengolah alpukat menjadi sup buah yang tentunya menyegarkan untuk berbuka. Alpukat juga dikenal cukup efektif untuk menurunkan berat badan karena mengandung lemak tak jenuh tunggal.

Dada Ayam

Dalam 172 gram dada ayam terdapat 284 kalori dengan 53 gram protein sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan protein dan lemak baik dalam tubuh ketika berpuasa. Dada ayam memiliki kandungan protein dan rendah lemak sehingga baik untuk dijadikan sebagai menu diet puasa ramadhan yang lezat dan sehat.

Salad Buah

Makanan buka puasa rendah kalori selanjutnya adalah salad buah. Tidak hanya menyehatkan, salad buah tentunya juga menyegarkan.

Namun, hindarilah untuk memberikan dressing yang berlebihan. Gunakan mayonaise atau kental manis secukupnya dan jangan sampai mendominasi rasa dibandingkan rasa buah itu sendiri.

Telur

Mudah dan murah, setidaknya begitulah kata yang terlintas setiap mendengar olahan telur. Selain itu, telur termasuk makanan rendah kalori sehingga cocok untuk dijadikan menu buka puasa jika kamu sedang diet.

Telur memiliki protein dan lemak yang tinggi sehingga sangat mengenyangkan. Dalam sebutir telur, terkandung vitamin B12, vitamin B2, vitamin A, vitamin B5, selenium, dan sejumlah nutrisi lainnya seperti kalsium, zat besi, potasium, folat, vitamin E, dan zinc. Selain itu, telur terutama kuning telur memiliki banyak nutrisi sehingga dapat membantu untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan dalam diet terbatas kalori.

Jika ingin hasil maksimal, hindari memasak telur dengan minyak goreng karena itu akan menambah kandungan lemak.

Editor: Renita

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles