Senin, September 26, 2022

8 Tips Menjadi Pelajar Berprestasi ala Kemendikbud

spot_img

Kutub.id– Siapa sih yang tidak mau menjadi pelajar yang berprestasi di sekolahnya? tentu setiap murid baik siswa/siswi menginginkan hal itu terjadi pada dirinya.

Bagi seorang pelajar baik siswa/siswi mendapatkan prestasi di sekolah menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Terlebih bagi kedua orang tuanya, mereka akan sangat amat senang dan bahagia mendengar atau melihat anaknya mempunyai prestasi di sekolahnya, ini menjadi pelecut semangat mereka untuk terus membiayai pendidikan anaknya.

Prestasi di sini tentu saja bukan hanya soal akademik atau menguasai ilmu pada mata pelajaran tertentu di sekolah. Melainkan juga termasuk prestasi non akademik seperti perlombaan olahraga, baik sepak bola, bulu tangkis, lomba lari, renang, dan lain sebagainya. Itu juga merupakan prestasi.

Lalu apa sih manfaat jika kita menjadi pelajar yang berprestasi?

Di antara manfaat ketika kita menjadi pelajar yang berprestasi di sekolah di antaranya: Pertama, membanggakan keluarga. Jika kita menjadi pelajar yang berprestasi tentunya keluarga pasti bangga, terlebih kedua orang tua kita.

Kedua, mengharumkan nama sekolah. Sudah barang pasti ketika kita menjuarai lomba tertentu seperti lomba antar sekolah di tingkat Kecamatan atau bahkan sampai tingkat nasional, kita akan membuat harum nama sekolah dengan prestasi yang kita dapat, dan tentunya secara otomatis kita akan mendapatkan predikat sebagai pelajar yang berprestasi di sekolah.

Ketiga, masa depan yang cerah. Menjadi siswa berprestasi di sekolah memberikan kita peluang untuk meraih masa depan yang cerah. Ini karena, kita mampu mengasah kelebihan yang kita miliki menjadi sebuah kreativitas dan keahlian sebagai bekal berkompetisi dalam dunia kerja.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita menjadi siswa yang berprestasi di sekolah. Namun jangan lupa, untuk mencapai semua itu butuh proses dan ketekunan yang sungguh-sungguh.

Untuk membantu pelajar melakukan itu semua Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan kiat-kiat untuk menjadi pelajar berprestasi yang mereka bagikan melalui unggahan di akun Instagram resminya @kemdikbud.ri.

Berikut kiat-kiat menjadi pelajar berprestasi ala Kemendikbud:
– Taat beribadah
– Memiliki motivasi yang tinggi
– Aktif dan efektif dalam belajar
– Kreatif, inisiatif, dan inovatif
– Mampu mengatur waktu dengan baik
– Berperilaku yang baik
– Berani mengambil risiko
– Terbuka dalam menerima kritik yang membangun

(Agung Gumelar)

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles