Senin, September 26, 2022

Alasan Mengapa di Indonesia Tidak Pernah Ditemukan Fosil Dinosaurus

spot_img

Kutub.id – Indonesia adalah salah satu negara yang berada di Asia Tenggara. Sama sama bedara di asia tenggara, tidak membuat indonesia sama seperti negara lainnya. Kalau di thailand dan laos bisa di temukan beberapa fosil dinosaurus, di Indonesia tidak pernah di temuka dan kemungkinan besar tidak pernah akan ditemukan.

Melihat banyaknya temuan fosil dinosaurus di sejumlah negara, tak sedikit orang yang merasa heran kenapa di Indonesia tidak ditemukan fosil dinosaurus. Banyak faktor yang membuat fosil dinosaurus tidak pernah di temukan di Indonesia. Sebelum kita mencari tahu kenapa itu bisa terjadi, Sobat Tangguh mesti tahu dulu nih apa sih dinosaurus itu.

Menurut Britannica Dinosaurus adalah sekelompok reptil yang hidup di era mesozoica dari periode triassic 245 juta tahun yang lalu sampai periode cretaceous 66 juta tahun yang lalu. Peta dunia pada saat itu menunjukan kalau sebagian kecil wilayah indonesia masih terbagi terbagi ke bagian asia tenggara dan bagian benua aurtralia. Sebagian besar daratan asia tenggara termasuk indonesia yang saat ini kita tempati masih ada di bawah permukaan laut. Itu kenapa sampai saat ini ga di temukan fosil di Indonesia.

Selain karena faktor daratan Indonesia yang pada saat itu sebagian besar masih berada di bawah permukaan laut, faktor lingkungan  yang ada di indonesia pun tidak mendukung terjadinya pembentukan fosil.

Mintub mau coba ngelurusin nih, mungkin banyak dari Sobat Tangguh yang masih mengira kalau fosil itu adalah tulang asli dari dinosaurus. Nyatanya bukan. Fosil adalah mineral tanah yang membatu. Menurut national geographic ketika mahluk hidup mati idealnya jasad akan hilang dan teruraui di tanah. Beberapa bagian tubuh yang lebih keras seperti tulang membutuhkan waktu lebih lama untuk terurai.

Dibeberapa kasus mahluk hidup yang mati bisa mengalami waktu penguraian yang lebih lama. Salah satu faktornya adalah ketika mahluk itu mati jasadnya terjebak di sedimen. Seperti di dasar laut, di lava, atau di resin pohon yang membuat proses pelapukannya menjadi lebih lama.

Selama proses pelapukan ini, mineral yang ada di sedimen pelan pelan mengisi bagian tubuh, atau katakanlah tulang yang hilang. Ketika semua tulangnya terurai, mineral yang tadi mengisi bagian tulang dari mahluk tersebut akan tetap ada dan membentuk batu. Simpelnya seperti cetakan. Bagian inilah yang kita sebut sebagai fosil. Ini alasankenapa semua mahluk yang mati di jaman dulu tita membentuk fosil karena ketika mati, jasad harus berada di tempat yang tepat.

Jadi gimana? Udah ngertikan fosil itu apa dan kenapa di indonesia tidak ditemukan fosil. Semoga informasi yang mintub sampaikan bisa berguna dan membuka wawasan baru buat Sobat Tangguh yaa.

Sumber: YT: Sepulang Sekolah

Pewarta: Bestari Saniya

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles