Senin, September 26, 2022

Amalan Nisfu Sya’ban yang Bisa Dilakukan Wanita Haid

spot_img

Kutub.id- Banyak amalan di bulan Syaban yang sayang untuk dilewatkan, termasuk bagi kaum Muslimah yang sedang mengalami siklus bulanan atau haid. Meski tidak boleh menjalankan shalat dan puasa, wanita haid bisa mengamalkan beberapa amalan sunnah yang juga bertabur pahala.

“Muslimah yang sedang haid bisa berdzikir, Anda bisa beristighfar, Anda bisa mengadu memohon kepada Allah, tafakur pada malam itu (Nisfu Sya’ban),” ujar Buya Yahya, pimpinan pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon, saat menjawab pertanyaan seorang santri dalam tayangan ceramahnya yang diunggah kanal You Tube Al Bahjah TV yang diunggah 2019 lalu.

Seperti diketahui, mulai besok umat Islam sudah memasuki bulan Sya’ban dalam kalender Islam. Sehingga, umat muslim disarankan melakukan amalan baik pada waktu tersebut. Tak terkecuali bagi wanita haid juga dapat melakukan amalan pada malam Nisfu Sya’ban.

“Dalam keadaan halangan haid bukan berarti ibadah semuanya terputus. Memang Anda tidak boleh membaca Al Quran, tidak boleh melakukan shalat. Tapi ada ibadah lain yang masih bisa anda lakukan,” ungkap Buya Yahya.

Menurutnya, wanita haid meski tidak dapat beribadah seperti shalat dan membaca Al Quran pada saat Nisfu Sya’ban tapi masih bisa melakukan amalan dengan cara lain.

“Anda bisa berdzikir, Anda bisa beristighfar, Anda bisa mengadu memohon kepada Allah, tafakur pada malam itu (Nisfu Sya’ban),” ujar Buya Yahya.

Bahkan Buya Yahya juga menyarankan untuk tetap bangun pada saat sepertiga malam. Meski tidak bisa melakukan tahajud karena haid, tapi dapat mendampingi keluarga seperti suami, adik, ataupun anak yang sholat dengan membuatkan minum teh ataupun kopi.

“Kemudian setelah itu Anda memohon dan membaca istighfar, termasuk malam Nisfu Sya’ban Anda masih bisa melakukan kebaikan-kebaikan. Anda memang tidak itikaf di masjid, tapi Anda masih bisa lakukannya di rumah,” kata Buya Yahya.

Buya Yahya menjelaskan, Wanita haid tetap dapat melakukan amalan Nisfu Syaban di rumah seperti membaca sholawat kepada Rasulullah, beristighfar mohon ampun kepada Allah kemudian tafakur untuk merenungi kesalahan. Wallahu a’lam.

Editor: Renita

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles