Jumat, Oktober 7, 2022

Apa sih Kekerasan Seksual tuh?

spot_img

Kutub.id – Dilansir dari situs web Yayasan Pulih, kekerasan seksual adalah setiap tindakan baik berupa ucapan ataupun perbuatan yang dilakukan seseorang untuk menguasai atau memanipulasi orang lain serta membuatnya terlibat dalam aktifitas seksual yang tidak dikehendaki.

Dalam konteks Pendidikan, Kemendikbud mengartikan kekerasan seksual sebagai setiap perbuatan merendahkan, menghina, melecehkan, dan/atau menyerang tubuh, dan/atau fungsi reproduksi seseorang, karena ketimpangan relasi kuasa dan/atau gender, yang berakibat atau dapat berakibat penderitaan psikis dan/atau fisik termasuk yang mengganggu kesehatan reproduksi seseorang dan hilang kesempatan melaksanakan pendidikan dengan aman dan optimal.

Dalam kekerasan seksual, ketimpangan relasi kuasa dan atau gender adalah salah satu kunci mengapa kekerasan dapat terjadi. Contohnya dalam kasus atasan yang melecehkan bawahannya.

Itu terjadi karena keduanya memiliki posisi yang berbeda atau ‘kekuasaan’ yang timpang. Apalagi jika pelaku merupakan seseorang dengan relasi gender yang lebih dominan, contohnya dilakukan oleh lelaki ke perempuan.

Ada beberapa jenis perbuatan yang termasuk dalam kekerasan seksual. Komnas Perempuan mengkategorikannya dalam 15 jenis, yaitu:

1. Perkosaan;

2. Intimidasi seksual termasuk ancaman atau percobaan perkosaan;

3. Pelecehan seksual;

4. Eksploitasi seksual;

5. Perdagangan perempuan untuk tujuan seksual;

6. Prostitusi paksa;

7. Perbudakan seksual;

8. Pemaksaan perkawinan, termasuk cerai gantung;

9. Pemaksaan kehamilan;

10. Pemaksaan aborsi;

11. Pemaksaan kontrasepsi dan sterilisasi;

12. Penyiksaan seksual;

13. Penghukuman tidak manusiawi dan bernuansa seksual;

14. Praktik tradisi bernuansa seksual yang membahayakan atau mendiskriminasi perempuan;

15. Kontrol seksual, termasuk lewat aturan diskriminatif beralasan moralitas dan agama.

Lebih lanjut, tim Kutub akan membagi penjelasan mengenai jenis-jenis kekerasan seksual dalam 5 babak. Stay tune terus, yaa…

Pewarta: Diyanah Nisa

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles