Jumat, Oktober 7, 2022

Be Great Muslimah

spot_img

Oleh Siti Arini Rahmawati

Kutub.id- Kenapa sih, kita harus menjadi Muslimah yang hebat? Jawabannya cuman satu, karena Muslimah mempunyai sebuah “amanah”. Setiap insan yang Allah SWT ciptakan di alam dunia ini mempunyai sebuah amanah, salah satunya menjadi seorang Muslimah.

Imam Ghozali pernah bertanya kepada muridnya:
“Apa yang paling berat di dunia ini? ucap Imam Ghazali.
Muridnya pun menjawab, “yang paling berat di dunia ini adalah besi dan batu yang besar.”

Kata Imam Ghozali jawaban di atas adalah benar. Akan tetapi, ada yang lebih berat lagi, yaitu sebuah amanah. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat al-Ahzab ayat 72 yang artinya:

“Allah SWT memberikan amanah kepada langit yang tinggi, hamparan bumi yang luas, laut yang dalam, dan gunung yang kokoh. Semua itu tidak sanggup menerima akan adanya sebuah amanah, karena mereka takut akan mengkhianati.”

Lalu, ketika Allah SWT memberikan amanah itu kepada kita sebagai manusia, manusia itu menyanggupinya. Sudah menjadi sunatullah, bahwa kita sebagai makhluk-Nya harus siap dan mampu untuk memegang amanah dan menjalankannya dengan baik.

Berdasarkan penjelasan tersebut, sudah di terangkan bahwa seorang Muslimah memegang amanah yang sangat besar. Dari diri Muslimahlah akan lahir generasi-generasi penerus peradaban. Bayangkan saja jika seorang Muslimah tidak baik, maka akan seperti apa peradaban yang akan datang. Jika seorang Muslimah hancur, maka hancur pula peradaban di masa yang akan datang.

Sebagai contoh, ada seorang Muslimah yang masih sangat muda, tapi ia memiliki bakat yang luar biasa. Tak hanya itu, ia juga sudah mulai meniti tangga-tangga kesuksesan yang semakin hari semakin jelas baginya. Sementara di tempat lain, pada usia yang sama masih ada Muslimah yang berleha-leha, bahkan tidak memiliki karya apa-apa. Ia terus saja disibukkan dengan urusan dunia yang tidak ada habisnya. Itulah pentingnya kita harus jadi Muslimah yang hebat, hebat dalam segi pendidikan, hebat dalam segi keimanan, dan hebat dalam segi potensi-potensi yang lainnya.

Jika kita ingin mengetahui bagaimana generasi yang akan datang, maka lihatlah diri kita terlebih dahulu, seperti apa kita saat ini. Pepatah mengatakan, “Jika kamu mendidik satu laki-laki maka kamu mendidik satu laki-laki-laki itu, akan tetapi jika kamu mendidik satu perempuan maka kamu mendidik satu generasi.”

Masya Allah, itulah mengapa sebagai perempuan dan sebagai Muslimah harus mampu be great Muslimah. Menjadi Muslimah yang hebat dan menjadi Muslimah yang tangguh karna kita akan melahirkan generasi-generasi di masa depan.

Editor: Renita

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles