Kamis, Oktober 5, 2023

Berikut Bacaan RM BTS yang Bisa Kamu Baca

Oleh Siti Fatonah

Kutub.id- Siapa sih yang enggak kenal dengan BTS? Boy gorup fenomenal asal Korea Selatan ini semakin naik daun dengan rentetan prestasi yang diraihnya. Bukan hanya dibidang industri musik saja, bahkan baru-baru ini mereka berpidato di PBB dan menyampaikan opininya yang mengesankan terkait generasi pembangun. Jika di antara Sobat Tangguh adalah Army (sebutan fans BTS), pasti sudah tak asing dengan lagu-lagu ciptaan member BTS yang penuh dengan dunia fantasi, imajinasi, sienfiction, bahkan mengandung kata-kata yang menyentuh. Hal tersebut ternyata terinspirasi dari buku-buku yang dibaca oleh member BTS, loh!

Para member BTS pun sering kedapatan sedang membaca disela-sela kesibukannya, bahkan mereka pun membagikan judul buku yang sedang dibaca kepada penggemarnya. Salah satu yang terkenal doyan membaca buku adalah sang leader. Kim Namjoon atau yang lebih dikenal dengan panggilan RM tak heran jika ia memiliki IQ tertinggi. Bukan hanya RM, member BTS yang lainnya seperti Suga pun kerap kali terlihat sedang membaca atau membawa buku disela-sela kesibukannya. Wah, Daebak!

Dari banyaknya buku yang dibaca oleh RM BTS, buku-buku apa saja yang bisa sahabat tangguh baca juga? Berikut daftar bukunya.

Kim Ji-Young, Born 1982 karya Cho Nam Ju
Isu tentang feminism terkenal sensitive juga di Korea sehingga membuat buku ini menjadi kontroversial. Meskipun demikian, dalam siaran V live, RM membaca buku ini dan merekomendasikannya karena benar-benar menggugah emosi yang beragam. Novel karya Cho Nam Ju ini menyinggung masalah sosial seperti kesehatan mental, pelecehan seksual, diskriminasi bahkan isu gender. Ibu muda bernama Kim Ji-Young yang melepaskan kariernya demi mengurus keluarganya. Tekanan yang ia rasakan membuatnya mengidap masalah metal berupa depresi, novel fenomenal ini pun sudah diangkat menjadi film yang dibintangi oleh Gong Yoo dan Jung Yu Mi pada tahun 2019.

I want to Die but I Want to Eat Teokpokki karya Baek Se Hee
Buku ini merupakan kisah yang dialami oleh penulisnya sendiri Baek Se Hee yang menceritakan tentang perjalanan hidupnya mengalami depresi ringan berkepanjangan atau disebut dengan distimia. Ditulis dengan gaya percakapan antara Baek se Hee dengan psikiater saat melakukan konseling, buku ini pun menjadi best seller di Korea Selatan bukan hanya karena terlihat dibaca oleh RM saat sedang Suting Bon Voyage 3, namun karena buku ini menyajikan kisah inspiratif mengenai pentingnya mencintai diri sendiri atau Self love dan membangun hubungan baik dengan orang lain tanpa menyakiti diri sendiri.

Norwegia Wood Karya Haruki Murakami
Norwegia merupakan karya terkenal dari Haruki Murakami penulis asal Jepang, buku yang pertama terbit pada tahun 1987 ini berisikan kisah nostalgia yang menyangkut kehilangan. Melalui tokoh Toru Watanabe pembaca akan diajak melihat ke masa-masa hidup seorang mahasiswa di Tokyo. Kisah di dalam buku ini pun sudah diadaptasi ke dalam film dengan judul yang sama pada tahun 2010.

Kitchen Karya Yoshimoto Banana
Buku selanjutnya yang di baca RM adalah Kitchen karya penulis dari Jepang, RM terlihat membawa buku dari Yashimoto Banana ini saat shooting acara BTS Come Back Show. Saat interview-nya bersama Naver, ia mengatakan sedang membaca buku tersebut. Buku ini berkisah mengenai kehidupan sosial masyarakat Jepang yang digambarkan melalui tokoh-tokohnya, buku dengan tema kehilangan ini mengajak para pembaca untuk berani menunjukkan sifatnya, melepaskan emosi yang tersembunyi.

Pembaca akan berkenalan dengan Mikage yang ditawari tempat oleh Yuichi dan ibu transgender bernama Eriko saat menghadapi kesedihan atas kematian neneknya. Untuk mengalihkan agar tidak sedih, Mikage mulai memasak untuk Yuichi dan Eriko serta menghabiskan waktu di dapur keluarga Yuichi. Sastra kontemporer Jepang ini sedang mendapat banyak penghargaan.

Almond karya I Shon Won-Pyung
Dalam Variety show BTS in The Soop memperlihatkan RM dan Suga sedang membaca buku Almond yang ditulis oleh I Shon Won Pyung, seorang novelis yang juga sutradara. Novel fiksi ini bercerita tentang Sun Yun Jae, anak laki-laki berusia 16 tahun yang tidak bisa merasakan emosi. Sun Yun Jae menderita alexithymia yang membuatnya tidak bisa merasakan rasa marah maupun rasa takut. Selain Sun Yun Jae, terdapat karakter lain dalam novel ini yaitu Gon I anak laki-laki yang memiliki luka dalam dirinya, Dora yang punya sensibilitas yang jernih dan juga Dr. Shim yang ingin menolong Yun Jae.

The Ones Who Walk Away from Omelas Karya Ursula K. Le Guin
Buku ini berkisah mengenai sebuah kota bernama Omelas, meskipun tanpa pemimpin namun penduduk di Omelas dikisahkan hidup teratur, tenteram dan jauh dari huru-hara. Senyuman tidak pernah tidak hadir dari wajah penduduknya, mereka selalu hangat saling menyapa setiap kali berjumpa. Namun ternyata, kisah yang tampak membahagiakan ini ternyata menyembunyikan air mata dan kesedihan. Rasa pahit yang harus penduduk bayar demi ketenteraman di Omelas. Kisah dari buku ini akhirnya menjadi inspirasi dibalik pembuatan lagu Spring Day dari BTS.
Nah itu dia beberapa buku yang dibaca oleh RM BTS yang bisa kamu baca juga, buku-buku tersebut sudah tersedia dalam versi bahasa Indonesianya loh. Jadi kapan kamu mau baca buku-buku keren tersebut?

Penulis merupakan Sekretaris PW IPPNU Jawa Barat.

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles