Jumat, Oktober 7, 2022

Buku Kamu Basah? Lakukan Tips Berikut!

spot_img

Kutub.id – Pernah engga di antara sahabat tangguh dengan tidak sengaja membuat bukunya basah? atau karena teledor tempat minum yang selalu kalian bawa terbuka dan membuat novel yang ada di dalam tas basah? Kalau pernah berarti kita satu server hehee. Kejadian tidak terduga seperti itu kadang membuat jengkel sendiri yah. Belum lagi jika buku yang basah adalah buku baru dibeli dan belum sempat kita selesaikan. Duh… menyebalkan sekali, bukan?.

Buku yang basa tidak bisa dibiarkan begitu sajakan, jika bukunya dibiarkan basah dan mengering sendiri akan membuat kertas bergelombang dan mengembang. Serta membuat kertas menjadi kecoklatan. Apalagi jika buku tersebut adalah buku pelajaran sekolah, pasti akan membuat kita tidak nyaman saat menggunakan bukunya.

Tapi tidak perlu khawatir sahabat tangguh, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar buku yang basah dan menjadi keriting dapat kembali lurus seperti sediakala. Berikut tipsnya!

Jangan Terburu-buru Membuka Buku yang Basah
Saat sahabat tangguh mendapati bukunya basah, hindari langkah terburu-buru untuk membuka buku. Terburu-buru membuka setiap lembaran buku yang basah adalah tindakan ceroboh. Kertas yang saling menempel sangat rapuh dan mudah robek seperti seseorang yang sedang patah hati heee. Hal pertama yang bisa sahabat tangguh lakukan adalah mengelap air yang ada disampulnya dengan tisu atau kain lap.

Hindari Menjemur Langsung di Bawah Sinar Matahari
Saat mendapati buku basah perasaan panik tidak bisa dihindari bukan?. Mungkin saja dengan terburu-buru kita akan mencari sinar matahari dan mencoba mengeringkannya. Eits tapi sahabat tangguh, ternyata hal tersebut kurang tepat. Alih-alih membuatnya cepat kering, hal tersebut malah membuat kertas buku menjadi bergelombang dan keriting, serta membuat tulisan menjadi sulit dibaca.

Akan lebih baik, jika sahabat tangguh menyelipkan tisu kering pada bagian kertas yang basah, tapi lakukan dengan hati-hati saat membuka bagian yang basah supaya tidak merusaknya. Namun, jika buku yang sudah terlanjur basah kuyup. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan airnya sebanyak mungkin. Caranya dengan menegakkan buku agar air dalam buku mengalir. Bagian bawahnya diberi kain penyerap atau spons untuk membantu. Jangan lupa untuk mengganti tisu yang diselipkan pada halaman kertas pada buku dan lakukan berulang hingga air yang terserap semakin sedikit.

Angin-anginkan
Langkah selanjutnya yang bisa sahabat tangguh lakukan adalah mengeringkan buku dengan cara diangin-anginkan. Bisa dilakukan dengan bantuan kipas angin atau hair dryer dengan memposisikan buku berdiri yah, langkah ini bisa dilakukan jika sahabat tangguh sudah merasa air terserap banyak ke tisu. Ingat diangin-anginkan bukan dijemur di bawah sinar matahari ya!.

Simpan Buku di Bawah Benda Berat
Buku yang sudah terkena air enggak akan kembali rapih seperti baru dibeli. Akan sangat mungkin kertasnya bergelombang, jika hal ini terjadi sahabat tangguh bisa menaruh buku di bawah benda berat. Beban benda berat tersebut akan  membantu meluruskan tekstur buku yang kusut.
Meskipun sedikit ribet dan bukupun tidak akan kembali baik seperti pertama kali membeli, namun setidaknya sahabat tangguh bisa menyelamatkan buku kalian dari kerusakan dan kerapuhan, Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

(Siti Fatonah)

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles