Jumat, Februari 23, 2024

Cara Atasi Kebiasaan Menunda-nunda Tugas 

KUTUB.ID– Butuh kemauan kuat dan aksi nyata untuk mengatasi kebiasaan menunda-nunda pekerjaan atau tugas. Biasanya kita memiliki banyak alasan untuk menunda-nunda pekerjaan. Masih malaslah, masih capeklah, masih ada waktulah, dan segudang alasan lain. Intinya rasa malas kita sendirilah yang membuat kita sendiri yang membuat kita menunda-nunda pekerjaan yang sebenarnya bisa diselesaikan dalam waktu cepat.

Tidak hanya rasa malas yang melanda yang dapat mengulur waktu mengerjakan tugas, terkadang mood yang berantakan juga menjadi penyebab menundanya pekerjaan. Sering kali, mereka mengerjakan tugas atau pekerjaannya mendekati tenggat waktu atau deadline.

Padahal, menunda pekerjaan sama saja membuang waktu kamu. Selain itu, kebiasaan buruk ini juga membuat pekerjaan kamu menjadi tidak teliti karena dikerjakan dengan terburu-buru.

Tidak bisa dipungkiri, di antara kita banyak yang sering atau masih suka menunda tugas. Apalagi kalo tugas sekolah, kuliah yang padahal bisa dikerjakan pada saat itu juga. Kamu pasti menganggap bahwa tugas itu bisa dikerjakan secara mudah dan cepat. Dan kamu bilang dalam hati “nanti aja ngerjainnya, waktunya masih lama. Sejam, dua jam juga selesai.” Nah anggapan seperti itulah yang menjadi motivasi untuk mengerjakan dengan SKS, Sistem Kebut Semalam dengan mendekati ke deadline.

Dengan SKS, katanya ide-ide dan semangat muncul, dan tugaspun cepet selesai. Memang benar saya sendiripun mengalaminya hehe. Tapi sayangnya, ekspektasi kadang nggak sesuai sama kenyataan-nya, gaes. Waktu kamu ngerjain, eh, ternyata soalnya susah atau kamu tiba-tiba ketiduran sampai pagi atau tiba-tiba rumahmu mati lampu karena lagi musim hujan. Alhasil, kamu besok paginya akan panik karena tugasmu belum selesai.

Nah perilaku suka menunda tugas seperti itu sangat enggak baik bagi proses belajar seseorang, dapat menjadi kebiasaan buruk. Menunda-nunda tugas bukanlah kebiasaan yang harus kamu lestarikan, kamu harus berpikir jauh ke depan dengan kejadian-kejadian yang dapat menimpamu yang tak terduga.
Untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut, kamu bisa lakukan tips-tips berikut ini:

1. Urutkan yang menjadi prioritas
Kamu perlu mencatat dari sekian banyak tugas yang ada, urutkan mana deadline paling dekat yang harus segera dikumpulkan. Dengan begitu kamu bisa mengerjakan tugasmu sesuai yang kamu urtukan, sehingga tugas-tugasmu tertata rapih. Tidak hanya tugas menjadi tertata rapih, waktumu sedikit teratur dan bahkan bisa mempunyai banyak waktu untuk melakukan hal lainnya.

2. Manajemen waktu
Mengurutkan tugas-tugas prioritas juga sebagian dari manajemen waktu. Kamu mengatur waktu dengan mengerjakannya sesuai deadline. Atur waktumu sesuai dengan porsi dan versi kamu. Hal ini bertujuan agar waktu 24 jam yang kamu miliki, enggak kebuang sia-sia dan lebih efisien.

3. Tidak paham, coba tanyakan
Salah satu alasan kamu menunda tugas yaitu kamu merasa tidak mampu dan yakin mengerjakannya, atau kamu tidak paham dengan tugas yang harus dikerjakannya. Coba tanyakan pada teman sekelasmu yang paham pada tugas tersebut, tapi jangan copas. Karena kalau copas kamu tidak akan bisa dan mengetahui bagaimana cara mengerjakannya.

4. Membentuk kelompok belajar
Perlu kamu ketahui, dengan membentuk kelompok belajar dapat mengurangi rasa malas belajarmu termasuk dalam mengerjakan tugas. Dengan berkelompok kamu bisa bebas bertanya, berdiskusi perihal bagaimana cara pengerjaannya.

Selain itu dengan berkelompok juga dapat berguna sebagai media untuk saling mengingatkan. Mengerjakan secara kelompok lebih asyik, enjoy dan seru.

Nah itu dia tips-tips yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa malas dalam menunda-nunda belajar atau mengerjakan tugas. Kebiasaan menunda-nunda jangan kamu jadikan sebagai rutinitas wajibmu ya!

(Abdul Manap)

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles