Jumat, Februari 23, 2024

Enam Menu Khas Lebaran Idulfitri, yang Mana Favoritmu?

Kutub.id– Lebaran alias Idulfitri menjadi momen yang ditunggu oleh umat muslim, ini pun menjadi penanda kemenangan serelah satu bulan berpuasa menahan hawa nafsu. Selain ritual keagamaan, Lebaran juga melekat dengan kebudayaan dan tradisi masyarakat. Misalnya saja, tradisi bermaaf-maafan sekaligus menikmati hidangan kuliner yang khas dan ikonik.  

Saking melekatnya, beberapa hidangan kuliner pun turut menjadi menu wajib yang tak boleh absen di momen spesial ini. Berikut, menu khas lebaran idulfitri yang sering kita jumpai. Adakah salah satunya yang menjadi favorit Sahabat tangguh?

1. Ketupat

Makanan Lebaran
Hidangan nasi yang lembut dan padat

Ketupat telah menjadi salah satu hidangan yang wajib dikonsumsi saat Lebaran. Tanpa ketupat, momen Lebaran terasa belum komplit! Hidangan satu ini merupakan makanan berbahan dasar beras yang dibungkus ke dalam anyaman daun kelapa atau janur.

Proses memasak ketupat sendiri memakan waktu yang cukup lama agar dapat menghasilkan tekstur yang lembut dan padat. Ketupat juga biasanya dikonsumsi bersama menu pelengkap, seperti opor, sate, soto, dan lainnya.

2. Opor Ayam

Makanan Lebaran
Hidangan ayam berkuah santan

Makanan Lebaran lain yang populer di Indonesia ialah opor ayam. Makanan berkuah satu ini umumnya disantap bersamaan dengan ketupat. Keduanya bahkan telah menjadi perpaduan yang wajib dikonsumsi saat hari raya Idulfitri.

Seperti namanya, opor ayam terbuat dari daging ayam yang direbus dengan kuah santan dan tambahan bumbu rempah yang gurih dan nikmat.

3. Sambal Goreng Kentang Ati

https://i0.wp.com/btp.ac.id/wp-content/uploads/2021/05/Batam-Tourism-Polytechnic.png?resize=300%2C169&ssl=1
Perpaduan kentang dan ati ampela

Sebagai masyarakat Indonesia, hidangan kuliner tentu belum lengkap tanpa adanya cita rasa yang pedas. Karena itu, sambal goreng kentang ati menjadi salah satu hidangan pelengkap yang wajib masuk dalam daftar.

Sambal goreng kentang ati merupakan perpaduan antara kentang dan ati ampela yang dipotong dadu, lalu dicampurkan dengan bumbu dan cabai. Hidangan satu ini juga biasanya dilengkapi dengan petai untuk menambah cita rasa dan aroma yang menggugah selera.

4. Semur

https://i0.wp.com/btp.ac.id/wp-content/uploads/2021/05/Semur-BTP.png?resize=300%2C169&ssl=1
Olahan daging bercita rasa manis

Semur, hidangan berbahan dasar daging ini menjadi salah satu menu kuliner yang tak boleh dilewatkan. Secara visual, semur memiliki kuah berwarna coklat pekat dengan tambahan bahan lainnya, seperti kentang, potongan tahu, tempe, ataupun telur.

Bahan penting yang menjadi kunci dalam pembuatan semur ialah penggunaan kecap yang terbuat dari kedelai hitam. Karena itu, cita rasa manis dari semur sangatlah cocok untuk melengkapi hidangan kuliner saat Lebaran.

  1. Kue Nastar
https://i0.wp.com/btp.ac.id/wp-content/uploads/2021/05/Hidangan-Lebaran-BTP.png?resize=300%2C169&ssl=1
 Kue kering berisikan selai nanas

Selain hidangan berat, momen Lebaran juga identik dengan kehadiran beragam varian kue. Salah satu yang paling populer ialah nastar. Kue kering dengan isian selai nanas ini memiliki bentuk yang bulat dengan tekstur lembut dan cita rasa yang manis dan asam.

Kue Nastar sendiri sangat cocok dinikmati dengan teh hangat sembari berkumpul dan bercengkerama bersama keluarga.

6. Es Blewah

https://i0.wp.com/btp.ac.id/wp-content/uploads/2021/05/Es-Blewah-BTP.png?resize=300%2C169&ssl=1
Sajian minuman dari blewah dan cincau

Sajian yang menyegarkan tak boleh turut ketinggalan!. Salah satu jenis minuman yang umum dan dapat kamu nikmati di momen Lebaran ialah es blewah. Hidangan satu ini dibuat dengan serutan blewah dan cincau, menghasilkan cita rasa yang manis dan menyegarkan.

Dengan bahan tambahan sederhana, seperti gula pasir, sirup, dan susu kental manis, kamu pun dapat membuat es blewah yang nikmat di momen spesial.

Itu dia enam menu khas lebaran idulfitri, yang mana nih favorit Sahabat kutub?

Sumber : https://btp.ac.id/menu-makanan-lebaran-di-indonesia/
Editor : Siti Fatonah

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles