Kamis, Februari 22, 2024

Faktor Gagalnya Seseorang Memperoleh Ilmu Menurut Syekh Az-Zarnuji

Oleh Muhaemin Iskandar

Ilmu adalah karunia Allah Swt yang diberikan kepada hambanya yaitu manusia. Ilmu bagaikan cahaya karena dengan ilmu semuanya akan mudah didapat dan menjadi penuntun dalam kehidupan.

Kemuliaan mencari ilmu telah ditegaskan dalam Al-Quran maupun hadits Nabi Muhammad Saw seperti dalam sebuah hadits mewajibkan menuntut ilmu baik laki-laki maupun perempuan dari sejak dilahirkan sampai meninggal dunia.

Dalam kitab ta’limul muta’allim Syekh Az-Zarnuji menceritakan banyak sekali kegagalan-kegagalan dalam menuntut ilmu yang dialami oleh umat muslim, kegagalan yang dimaksud di sini adalah di mana ilmu yang didapat tidak menjadikan kebermanfa’atan baik untuk dirinya maupun bagi orang lain.

Menurut Syekh Az-Zarnuji kegagalan ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, kekeliruan motivasi dalam menuntut ilmu dalam artian niat yang menjadi pondasi utama dalam menuntut ilmu. Kedua, memilih disiplin ilmu, guru, dan teman. Ketiga, kurangnya penghormatan terhadap guru dan orang yang berilmu. Keempat, sifat malas dalam belajar. Kelima, Kurangnya ibadah dan rendahnya sikap tawakal (berserah diri kepada Allah). Keenam, wara’ (menjauhi makanan dan barang haram). Ketujuh, Zuhud (Melepaskan ketergantungan terhadap materi). Tujuh nasihat itulah yang harus menjadi renungan (introspeksi) diri bagi para pencari ilmu di mana pun berada ketika dihadapkan pada berbagai masalah-masalah atau kekeliruan yang berkaitan dengan keberhasilan dalam mendapatkan ilmu. Wallahu a’lam bis shawab.

Pesantren Miftahul Ulum, Baregbeg, Ciamis

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles