Jumat, Februari 23, 2024

Habib Luthfi Bin Yahya, Sosok Ulama Kharismatik asal Pekalongan

KUTUB.IDMaulana al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau yang dikenal dengan Habib Luthfi merupakan salah satu tokoh Muslim yang berpengaruh di dunia. Namanya masuk urutan ke-37 dalam daftar 500 Muslim yang berpengaruh di dunia edisi Oktober 2018, dirilis Pusat Strategis Islami Kerajaan Yordania.

Habib Luthfi bin Yahya adalah seorang ulama berpengaruh di Indonesia. Ia adalah Ketua Forum Sufi Internasional, dan saat ini menjabat Rais ‘Am Jam’iyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an-Nahdiyah. Beliau disebut-sebut menjadi sebagai salah satu ulama karismatik Indonesia saat ini.

Tidak hanya di kalangan Santri saja, nama beliaupun disegani oleh beberapa petinggi negara. Di antaranya adalah Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko widodo, Menkopolhukam Mahfud MD, Menhan Prabowo Subianto dan masih banyak lagi.

Ulama kelahiran 10 November 1947 itu berasal dari Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Beliau lahir pada tanggal 10 November 1947 atau bertepatan 27 Rajab 1367 H. Habib Luthfi memiliki silsilah nasab yang bersambung hingga ke Nabi Muhammad SAW dan ibu seorang Syarifah (keturunan Nabi) yang bernama Sayidah al-Karimah as-Syarifah Nur.

Dalam setiap dakwahnya, Habib Lutfi selalu menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Selain sebagai pendakwah, Habib Luthfi juga Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah. Ia tercatat sebagai anggota dewan pertimbangan MUI Jateng periode 2016-2021, dan juga menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia sejak 13 Desember 2019.

Presiden Joko Widodo menunjuk sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat. Salah satu anggotanya adalah sosok Nahdlatul Ulama, Habib Luthfi bin Yahya.

Di antara jabatan organisasi yang beliau duduki adalah sebagai berikut :

1.Ra’is Am jam’iyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah.
2.Ketua Umum MUI Jawa Tengah, dll.
3.Ketua Forum Sufi Internasional.
4.Dewan Pertimbangan Presiden Periode 2019 – 2024
5.Pendiri dan Pembina Majelis Ta’lim Kanzus Sholawat Pekalongan, Jawa Tengah.

(Reza)

Sumber: Muhdhor Ahmad Assegaf. 2020.  Cahaya dari Nusantara , Maulana Habib Luthfi bin Yahya  Catatan Kekaguman Dan Kecintaan Seorang santri). Pemalang: Abna’ Seiwun

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles