Jumat, Februari 23, 2024

Hari Pertama Menstruasi Bikin Panik? Padahal Itu Hal yang Normal dan Wajar

Pubertas merupakan salah satu fase yang pasti dilewati oleh setiap remaja, termasuk perempuan. Salah satu pubertas perempuan adalah menstruasi. Biasanya, di masa ini,  anak remaja perempuan mulai merasakan adanya perubahan pada tubuh mereka. Perubahan tersebut terjadi karena adanya perubahan biologis yang memengaruhi pertumbuhan jasmani dan emosional remaja.

Siapa di sini yang pertama kali menstruasinya panik nggak karuan bahkan sampai menangis? Santai saja, Kebanyakan remaja perempuan mengalami itu kok! Karena siapa yang tidak kaget, tiba-tiba keluar darah dari alat kelamin. Apalagi sebelumnya tidak sempat diberi pemahaman mengenai hal ini oleh orang tua.

Fase pertama kali menstruasi ini biasanya disebut dengan menarche, menarche adalah salah satu ciri anak perempuan berada di masa remaja menuju dewasa. Menstruasi pertama normal terjadi saat perempuan menginjak usia 11-14 tahun. Tetapi dapat terjadi lebih awal pada usia sembilan tahun, atau lebih lambat sampai usia 15 tahun.

Anak remaja pasti bertanya-tanya, kenapa bisa terjadi menstruasi? Mentruasi terjadi karena perubahan hormon, hormon merupakan pembawa pesan dalam tubuh. Lalu ovarium atau indung telur melepaskan hormon estrogen, hormon itu berperan menebalkan dinding rahim. Seiring berjalannya proses tersebut, terjadi proses pematangan sel telur di ovarium.

Begitu matang, sel telur siap meninggalkan ovarium dan berjalan menuju rahim. Ketika sel telur dibuahi sperma dan menempel di dinding rahim, maka kehamilan terjadi. Jika tidak dibuahi, akan luruh dan darah mengalir melalui vagina.

Saat menjelang menstruasi pertama, kalian merasakan ada perubahan nggak pada tubuh? Tenang saja nggak perlu panik, karena itu wajar. Dalam fase sebelum menstruasi ada beberapa perubahan yang umumnya terjadi, perubahan tersebut adalah pertumbuhan payudara, rambut pubis atau rambut kemaluan, rambut ketiak, dan juga perubahan pada tinggi badan anak perempuan.

Kalian pernah nggak merasakan kram perut pada saat menstruasi? Atau tiba-tiba timbul jerawat? Nah jangan aneh juga yah! Karena itu hal yang normal terjadi pada saat menstruasi. Selain kram perut dan timbul jerawat ada keluhan lain juga, seperti: Nyeri pada payudara, sakit kepala, pola tidur terganggu, perubahan suasana hati dan perut kembung.

Sekali lagi, hal itu normal dan kita nggak perlu takut berlebihan yah! Karena kebanyakan perempuan mengalaminya pada saat menstruasi.

Kebanyakan anak perempuan yang mengalami menstruasi pertama kali malu untuk mengungkapkannya pada orang sekitarnya, termasuk teman dan orang tuanya. Padahal menstruasi bukan hal yang buruk dan menyeramkan, jadi ketika mengalaminya tidak usah merasa malu yah! Itu wajar dan sangat normal bagi perempuan.

Penulis Hoerunnisa 

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles