Selasa, Oktober 4, 2022

Hari Proklamasi Republik Indonesia

spot_img

Kutub.id- Jika kita membuka lembaran sejarah bangsa Indonesia, pada tanggal 17 Agustus 1945 tepat Pukul 10.00 WIB di Pegangsaan Timur No 56 Jakarta, teks Proklamasi Kemerdekaan RI dibacakan oleh Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Muhammad Hatta. Kemudian, dilanjutkan dengan pengibaran Sang Merah Putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati. Kemerdekaan ini patut kita syukuri, karena merupakan rahmat dari Allah SWT.

Sejak 350 tahun kita dijajah oleh Belanda dan Jepang, rakyat Indonesia begitu sengsara dan miskin. Tanah yang subur di rampas berserta hasil buminya oleh penjajah. Namun, sejak 17 Agustus 1945, Indonesia resmi menjadi negara merdeka yang berdaulat sejajar dengan negara merdeka yang lainnya. Memiliki undang-undang sebagai haluan negara, sehingga bisa mengatur sendiri segala sesuatu baik ideologi, politik ekonomi, sosial budaya, dan juga keamanan.

Sedangkan, kita sebagai rakyat memiliki kebebasan untuk mengatur kehidupan sendiri dan sekaligus memiliki tanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan negara kita. Meskipun kita bebas merdeka, bukan berarti kita bertindak semau kita, melainkan harus tetap berpegang teguh kepada undang-undang yang ada. Khususnya undang-undang dan peraturan yang telah digariskan oleh sang pencipta alam, yaitu Allah SWT.

(Renita)

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles