Jumat, Februari 23, 2024

Hasilkan ASI Booster, Simak Manfaat Sawi untuk Ibu Menyusui

Kutub.id- Selama enam bulan pertama kehidupannya, bayi hanya mendapatkan asupan nutrisi hanya dari ASI. ASI dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Oleh karena itu, pastikan Bunda mengonsumsi makanan yang bergizi.

Salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah sawi hijau. Sayur yang mudah diperoleh ini kaya akan antioksidan dan serat.

Tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga bermanfaat untuk menghasilkan ASI yang berkualitas. Lantas, apa saja manfaat sawi hijau untuk ibu menyusui?

Kandungan Gizi pada Sawi Hijau

Sebelum membahas manfaat sawi hijau untuk ibu menyusui, penting juga untuk mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Berikut adalah kandungan sawi hijau per 100 gram menurut Direktorat Gizi Masyarakat, meliputi:

Kalori 22,00 k
Protein 2,30 g
Lemak 0,30 g
Karbohidrat 4,00 g
Serat 1,20 g
Kalsium (Ca) 220,50 mg
Fosfor (p) 38,40 mg
Besi (Fe) 2,90 mg
Vitamin A 969,00 SI
Vitamin B1 0,09 mg
Vitamin B2 0.10 mg
Vitamin B3 0,70 mg
Vitamin C 102,00 mg

Manfaat Sawi Hijau untuk Ibu Menyusui
Berikut beberapa manfaat sawi hijau untuk ibu menyusui yang harus diketahui, di antaranya:

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Sawi hijau adalah salah satu jenis sayuran yang diperkaya dengan antioksidan. Radikal bebas dalam jangka panjang, berpotensi merusak sel tubuh serta mengganggu fungsi dan jaringan vital tubuh. Selain itu, radikal bebas juga dapat merusak susunan DNA sel, meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, menyebabkan peradangan, dan melemahkan daya tahan tubuh.

Untuk melawan paparan radikal bebas, maka kamu perlu mengonsumsi sati hijau. Kandungan fitonutrien yang ada pada sawi hijau, juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Sehingga, kamu tidak mudah terserang penyakit ketika sedang menyusui si kecil. Apalagi, jika kamu sering menghabiskan waktu untuk begadang.

Meningkatkan Produksi ASI
Produksi ASI yang melimpah menjadi sebuah kesenangan tersendiri bagi para ibu. Dengan ASI yang melimpah, asupan untuk anak, dapat terpenuhi dengan baik. Salah satu hal yang dapat meningkatkan produksi ASI adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau, seperti sawi misalnya. Sebab, sawi hijau merupakan sayuran yang menjadi sumber mineral, seperti zat besi, kalsium, dan folat. Selain itu, juga kaya akan vitamin. Para ahli menyarankan, agar ibu menyusui dapat mengonsumsi sawi hijau, paling tidak seporsi sayuran hijau untuk meningkatkan kualitas dan produksi ASI.

Meningkatkan Kualitas ASI
ASI yang berkualitas akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si kecil. Sebagai seorang ibu, tentunya kamu ingin memberikan yang terbaik untuk anak, kan? Maka dari itu, untuk mendapatkan ASI yang berkualitas, perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat, salah satunya dengan rutin mengonsumsi sawi hijau. Kamu bisa mengolahnya menjadi sayur bening, tumis, maupun dibuat menjadi jus. Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, akan membuat ASI tetap berkualitas, sehingga anak bisa tumbuh dengan sehat.

Mengurangi Risiko Anemia
Ibu menyusui, sering kali mengalami masalah kurangnya masa sel darah merah, atau sering disebut dengan anemia. Kondisi ini, dapat menyebabkan oksigen tubuh menjadi berkurang. Alhasil, organ tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal. Masalah ini, juga bisa dirasakan oleh bayi, loh. Sehingga, hal ini dapat mempengaruhi perkembangan fisik dan mentalnya. Untuk mengurangi risiko anemia, ibu menyusui harus mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, mulai dari sayuran hijau, ikan, daging, telur dan hati. Kandungan zat besi pada sawi hijau, dipercaya dapat mengurangi risiko anemia pada ibu menyusui.

Mencegah Radang Sendi
Kandungan antiinflamasi yang ada pada sawi hijau, dapat membantu meredakan rasa sakit dan aku yang diakibatkan oleh radang sendi. Bukan hanya meredakan sakit, manfaat sawi hijau lainnya, juga dapat meningkatkan kekuatan otot serta memperbaiki jaringan ikat.

Menjaga Saluran Pencernaan
Manfaat sawi hijau untuk ibu menyusui berikutnya, yaitu dapat menjaga saluran pencernaan, sehingga mengurangi risiko sembelit. Pasti kamu juga tak menyangka, ternyata sawi hijau juga dapat mengurangi risiko penyakit seperti kanker usus besar, wasir, hingga kolesterol. Sawi yang mengandung serat ini, akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dalam menjalankan aktivitas. Di mana, serat akan diubah menjadi energi, sehingga ibu menyusui menjadi lebih bertenaga. Sebab, menyusui bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan tenaga untuk menghasilkan ASI yang berkualitas untuk anak.

Jadi, itulah manfaat sawi hijau untuk ibu menyusui. Semoga bermanfaat.

Editor: Renita

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles