Selasa, Oktober 4, 2022

Hindari Begadang di Usia Muda

spot_img

Kutub.idBegadang menurut Kamus Besar Bahaa Indonesia (KBBI) berjaga tidak tidur sampai larut malam. Begadang disebabkan karena masih ada kegiatan yang masih dikerjakan atau belum selesai. Sedangkan setiap orang memiliki kebutuhan waktu istirahat berbeda-beda disesuakan dengan usia dan aktivitasnya.

Dikutip dari artikel Alodokter, pada umumnya waktu istirahat pada anak-anak memerlukan waktu sebanyak 10-12 jam sedangkan pada usia dewasa membutuhkan waktu 7 sampai 9 jam perhari.

Mengantuk setelah melakukan banyak aktivitas tentu hal yang sangat wajar, maka dari itu saat kita tidur tubuh kita beristirahat dan menghasilkan energi dan juga memperbaiki jaringan yang rusak.

Khusus bagi anak-anak dan remaja ketika tidur akan mengeluarkan hormon pertumbuhan. Jadi ketika begadang akan ada efek-efek tertentu jika dilakukan sejak usia dini karena salah satunya mempengaruhi hormon pertumbuhan.

Begadang memang kurang baik untuk kesehatan bahkan bisa mempengaruhi kesehatan mental makadari itu kurang baik jika kita merasa lelah, atau mengantuk bahkan kurang tidur jika tidak beristirahat. hal ini banyak mempengaruhi berbagai macam penyakit pada tubuh kita.

Menurut dr Sienny Agusti dikutip dari artikel allo dokter bahwa begadang dapat menimbulkan beberapa efek yang kurang baik lho, diantanya:

Mudah lupa

Ketika tidur sel-sel yang rusak akan mengalami proses perbaikan, ketika begadang otomatis tubuh kità kurang istirahat dan dapat merusak sel-sel saraf pada otak sehingga berkurangnya fungsi otak. Hal ini bisa membuat anda mengantuk, merasa lelah dan juga kurangnya konsentrasi

Gangguan mental

Gangguan mental pada usia muda atau masa remaja dapat disebabkan karena begadang. Kurangnya tidur bisa merusak fungsi otak sehingga lebib rentan terkena insomnia. Jika begàdang sudah menjadi kebiasaan maka akan mempunyai efek dalam jangka panjang. Begadang membuat pola hidup kurang sehat bahkan hasil riset menurut dr Sienny Agustin dalam artikel Alo Dokter risiko ini akan lebih meningkat jika disertai kebiasaan merokok, jarang olahraga, dan stress.

Obesitas

Karena kurangnya waktu tidur tentu merusak metabolisme tubuh dàn juga akan lebih sering merasa lapar. Sehingga pola makannya tidak teratur. Dalam hal ini akan mempercepat kenaikan berat badan jika dibandingkan dengan oranag yàng tidurnyà cukup.

Menurunya imunitas tubuh

Ketika begadang dikutip dalam artikel Allo Sehat bahwa banyak penelitian yang menunjukkan hasil risetnya orang yang kurang dati 7 jam waktu tidurnya akan membuat daya tahan tubuhnya melemah sehinggà mudah terpapar virus ataupun bakteri.

Nah, untuk para remaja coba dipikir lagi yuk ketika mau begadang karena ada beberapa efek yang berbahaya lho ketika kita mau begàdang, jadi mulai sekarang yuk kita perbaiki pola hidup sehat demi kebaikan kesehatan kita. Karena masa remaja masih banyak hormon pertumbuhàn yang tumbuh nantinya akan mempengaruhi di masa tua.

Penulis: Anisa Novianti

Editor: Agung Gumelar

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles