Jumat, Oktober 7, 2022

Ini Alasan Kenapa Orang Suka Membully

spot_img

KUTUB.ID– Perilaku bullying atau suka menindas orang lain, tanpa disadari kerap kali dialami anak-anak atau remaja, di sekolah maupun di lingkungan lainnya. Mungkin kamu sendiri pernah mengalami yang nama di bully orang, atau bahkan kamu sendiri suka membully orang.

Secara sederhana, bullying diartikan sebagai sebuah tindakan menyakiti orang lain agar dirinya memiliki kuasa untuk mengatur orang lain. Tindakan tersebut bisa ditunjukan dengan berbagai cara, baik oleh ucapan, perkataan maupun tindakan. Misalnya saja dengan mengintimidasi, labeling, gossiping, sampai ketindakan fisik seperti menampar ataupun memukul.

Dikutip dari laman cewekbanget.grid.id, Psikolog Klinis dari Brawijaya Healthcare, Nuran Abdat mengatakan bahwa bullying adalah suatu tindakan, perilaku agresif yang dilakukan seseorang atau individu, yang akhirnya timbul opini ataupun komentar yang akan membuat orang/lawan bicaranya merasa terintimidasi atau terhakimi, sehingga membawa dampak negatif bagi orang lain.

Lalu apa sih penyebab atau latar belakang orang suka membully? Berikut ulasannya.

Kurang percaya diri
Rasa kurang percaya diri terhadap diri sendiri bisa menjadi salah satu penyebab suka membully orang, karena bisa jadi insecure melihat temannya yang sedikit berbeda dengannya.

Si pembully mungkin terlihat tangguh dan berani saat mengerjai orang lain, tapi justru menjadi ciut ketika harus maju kedepan sendiri dan menjadi pusat perhatian. Maka dari itu, kebanyakan tukang bully biasanya selalu berkelompok.

Ingin Berkuasa
Mempunyai keberanian tinggi, merasa kuat dan hebat, merasa badannya paling besar, dan lain-lain. Biasa seseorang yang mempunyai sifat seperti itu selalu ingin berkuasa dalam kehidupan pertemanannya, selalu ingin diperhatikan banyak orang, terlebih pada usia anak-anak dan remaja.

Banyak cara yang dilakukannya untuk mendapatkan perhatian dari orang lain. Keinginannya untuk mendapatkan perhatian banyak orang tersebut, menjadikan pembully membuat dirinya lebih kuat ataupun berkuasa dari orang lainnya dengan cara membully.

Sudah terbiasa di bully
Perilaku suka membully bisa jadi karena siklus, atau dari pengalaman yang terintimidasi. Orang bisa menjadi kasar karena dia biasa dikasari oleh lingkungan sekitarnya. Orang yang tumbuh dengan sikap kasar seperti ini kebanyakan akan jadi orang yang juga kasar terhadap orang lain.

Merasa iri terhadap teman

Seseorang suka membully bisa jadi karena timbul rasa iri, iri terhadap temannya yang mempunyai kelebihan lain dibanding dirinya, baik itu skil, kemampuan, kepintaran, bahkan kepunyaan seperti game dan lain-lain.
Selain itu, banyak juga orang yang mengintimidasi ataupun memberikan name label kepada orang lain karena merasa iri dengan kelebihan temannya. Kelebihan temannya tersebut membuat dirinya tidak nyaman. Dengan  ketidaknyamanan itu ditunjukkan dengan sikap kasar ataupun intimidatif, sehingga orang tersebut (yang dibully) juga merasa tidak nyaman.

Menjaga tradisi
Perilaku bullying sering terjadi di lingkungan sekolah. Perilaku bully yang paling sering terjadi disekolah adalah tradisi ngerjain anak-anak baru pada masa orientasi.

Enggak jarang perilaku bully yang dilakukan saat masa orientasi menjadi tindakan kriminal yang merugikan nama baik. Dengan alasan menjaga tradisi inilah, kerap kali banyak peristiwa bullying di sekolah yang dianggap wajar.
Itulah alasan kenapa orang suka membullying. Stop bullying, karena tindakan bullying tidak baik bagi orang lain dan bagi reputasi diri sendiri. Merusak kebebasan orang dalam bertindak dan dalam mengembangkan potensi dirinya.

(Abdul Manap)

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles