Senin, September 26, 2022

Ini Etika Posting Foto Anak di Media Sosial

spot_img

Kutub.idDiera serba digital saat ini serta kemudahan dalam mengakses dan membagikan informasi di media sosial menjadi sebuah fenomena kekinian. Salah satunya adalah membagikan photo anak di media sosual yang kerap kali dilakukan oleh orang tua. Bahkan beberapa anak sudah memiliki jejak digital sebelum mereka lahir, sebagai contoh foto USG yang diunggah di media sosial. Tidak salah memang, karena beberapa orang tua ingin mengabadikan momen spesial bersama anak.

Tren mengabadikan momen spesial bersama anaknya di media sosial menjadi tren kekinian yang semakin marak. Hal ini karena orangtua ingin mengabadikan momen kelucuan dan kegemasan si buah hatinya. Namun, tentunya orang tua perlu mempertimbangkan etika dalam membagikan informasi si buah hati media sosial. Demi menjaga keamanan digital dan privasinya.

Melansir dari Tinybeans, berikut etika mengunggah foto anak di media sosial yang perlu diperhatikan

Hindari Memberikan Informasi Pribadi

Sumber Gambar: https://www.ekrut.com/media/data-pribadi

Beberapa dari orangtua tidak menyadari bahwa mereka membagikan nama lengkap anak, tempat dan tanggal lahir, lokasi sekolah, riwayat kesehatan dan alamat ke media sosial miliknya. Karena hal tersebut termasuk informasi pribadi, jadi jangan sampai disebarluaskan ke media sosial ya.

Jangan Mengunggah Foto Telanjang dan Memalukan

Sumber: Instagram

Selalu ingat, bahwa setiap orang berhak atas otoritas tubuhnya sendiri. Jika melanggar otoritas tubuh orang lain ini tidak bisa ditoleransi. Foto telanjang dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, akan lebih parah jika digunakan untuk fetish atau diperjual belikan. Tentunya hal ini harus dihindari ya.

Selain itu, usahakan jangan mengunggah foto anak ketika sedang berperilaku buruk. Selain berlebihan hal tersebut pun tidak menghargai kebutuhan privasi anak.

Berhati-Hati Mengungkap Lokasi dan Rutinitas

Sumber: Freepik

Sangat mudah untuk melacak seseorang dengan menggunakan informasi yang di dapatkan dari foto yang diposting di media sosial. Untuk melindungi anak-anak dari kejadian yang tidak mengenakan, hindari menandai lokasi tempat tinggal atau tempat lainnya yang sering dikunjungi serta berkaitan dengan rutinitas anak.

Dapatkan Izin Untuk Mengunggah

Sumber: Shutterstock
Sumber: Shutterstock

Beberapa orang tua mungkin berpendapat bahwa orang tua memiliki hak untuk memposting foto-foto anak secara bebas di media sosial. Namun, ternyata anak pun memiliki privasinya sendiri. Dapatkan izin dari anak sebelum mengunggah foto pribadi anak di media sosial.,dengan langkah ini orangtua menghormati privasi anak.

Itu dia etika memposting foto anak di media sosial. Semoga sebagai orang dewasa kita bisa bersama-sama saling menjaga keamanan anak-anak di beragaman platform sosial media.

Dilansir dariĀ  Tinybeans
Penulis : Siti Fatonah

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles