Jumat, Oktober 7, 2022

Inilah Tips Memilih Jasa Konsultasi Hukum Yang Tepat!

spot_img

Kutub.id – Sebagaimana yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara hukum, yang mana segala hal dalam berbangsa dan bernegara tentunya telah diatur dalam hukum dan perundang-undangan yang berlaku. Sejalan dengan hal ini, berbagai problematika ataupun sengketa baik perorangan maupun badan usaha dapat diselesaikan melalui jalur hukum.

Salah satu hal yang dapat dilakukan guna menangani permasalahn hukum tersebut yaitu melalui konsultasi hukum. Nah, untuk memilih konsultan hukum sendiri ada beberapa hal yang mesti anda ketahui dan pertimbangkan, agar konsultan hukum yang anda pilih tepat dan sesuai dengan permasalahan hukum yang ingin anda selesaikan. 

Lantas, apa saja sih hal yang mesti dipertimbangakan dalam memilih jasa konsultan hukum? Eits,anda tidak usah bingung! Karena artikel ini akan membagikan tips dan trik untuk memilih jasa konsultasi hukum yang tepat. Yuk simak, berikut beberapa tips tersebut: 

  1. Pilihlah yang memiliki track record yang baik 

Track record atau rekam jejak konsultan hukum sangat penting untuk anda ketahui saat anda mencoba ingin memilihnya. Dengan mengetahui rekam jejak tersbut, anda dapat mengetahui secara mendalam mengenai kelebihan maupun kekurangan konsultan hukum tersebut. Selain itu, anda juga dapat mengetahui bagaimana kinerja  konsultan hukum tersebut dalam melaksanakan konsultasi hukum itu sendiri, saat menangani berbagai konflik dan permasalahan hukum. 

Untuk mengetahui track record ini, memang tidaklah mudah. Oleh karena itu, anda perlu menggali informasi lebih dalam terkait instansi penyedia jasa konsultasi hukum tersebut. Anda juga dapat bertanya pada klien dari kantor tersebut, ataupun dapat dengan melakukan pertemuan intens secara langsung dengan konsultan hukum itu sendiri. Hal lain yang dapat anda lakukan, yaitu dengan menggali informasi dari pihak netral yang tidak memiliki konflik kepentingan mengenai track and record kantor hukum yang akan anda jadikan partnership. 

  1. Carilah konsultan hukum dengan keahlian yang sesuai dengan problem yang anda hadapi

Sebagian masyarakat kerap beranggapan jika setiap pengacara maupun konsultan hukum mampu menyelesaikan berbagai masalah hukum. Tentu, hal tersebut tidaklah salah. Namun, sama halnya dengan kedokteran yang memiliki spesialisasi dalam berbagai bidang, sektor hukum pun justru memiliki berbagai macam spesialisasi.

Oleh karena itu, saat akan menggunakan jasa konsultasi hukum, hendaknya anda memilih konsultan hukum yang keahliannya sesuai dengan permasalahan hukum anda. Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu terkait fokus masalah yang ditangani pada kantor hukum terkait. Biasanya, kantor hukum pun menangani keseluruhan permasalahan hukum baik pidana, perdata, maupun tata usaha negara yang menyediakan tim konsultan hukum sesuai pada keahliannya. Untuk lebih memastikan, anda juga dapat mencari tahu perkara apa saja yang pernah ditangani pada kantor hukum tersebut.

  1. Utamakan yang berkualitas 

Untuk memilih kantor konsultasi hukum, hendaknya anda mengetahui kualitas kantor hukum tersebut. Kuliatas sendiri biasanya sebanding dengan harga yang ditawarkan. Jadi, anda tak perlu khawatir dengan harga jasa konsultasi hukum yang mahal, karena yang terpenting adalah kualitas nya. Tidak sedikit masyarakat yang tergiur dengan harga yang murah, namun pelayanan yang kurang dan tidak memenuhi standar. 

 Untuk mengetahui kualitas tersebut, anda dapat menggali informasi terkait secara mendalam. Seperti berapa lama kantor hukum tersebut telah beroperasi, tim internal, hingga intensitas keberhasilan berbagai perkara yang ditangani. Anda juga dapat meminta bukti konkrit terkait hal tersebut. 

  1. Pilihlah Konsultan Hukum Yang Berpengalaman 

Memilih konsultan hukum yang berpengalaman tentu merupakan indikator yang tak kalah penting. Terlebih jika pengalaman tersebut relate dengan permasalahan hukum yang sedang anda hadapi. Pengalaman konsultan hukum tersebut dapat berupa praktek lapangan, magang, hingga penanganan kasus hukum di berbagai kantor hukum maupun Lembaga Bantuan Hukum, ataupun riwayat pendidikannya. 

Untuk mengetahuinya, anda dapat melihat melalui cv konsultan hukum tersebut, menelaahnya lantas meminta bukti seperti sertifikat, ataupun bukti pendukung lainnya.  

  1.  Patikan memilih konsultan hukum yang jujur, berintegritas, dan berkomitmen untuk menyelesaikan masalah

Kejujuran dan integritas  menjadi poin yang sangat-sangat penting dipertimbangkan dalam memilih jasa pengacara dan konsultan hukum. Karena, tidak jarang ada kasus hukum yang mudah diselesaikan, namun advokat tersebut menanganinya seolah-olah sangat rumit. Hal in berpengaruh dalam waktu penyelesaiannya sehingga mempengaruhi honorarium yang ia terima. 

Untuk mengetahui tingkat kejujuran terutama dalam memilih advokat, tak ada salahnya anda memancingnya dengan memastikan kemenangan perkara, ataupun mengarahkan pada hal-hal yang melawan hukum, seperti cara suap. Dengan begitu, anda harus berfikir seribu kali untuk menggunakan layanan jasa konsultasi hukum tersebut. 

Nah, itulah beberapa tips untuk memilih jasa konsultasi hukum yang dapat anda gunakan untuk memilih konsultan hukum yang tepat dan berkualitas. Bagi anda yang masih bingung untuk mencari jasa konsultasi hukum, anda dapat langsung mengunjungi situs legal fastwork, situs legal berkualitas dan terpercaya disini.

Situs tersebut menyediakan berbagai layanan dan jasa dengan berbagai keahlian yang kompeten dan profesional yang siap menangani berbagai permasalahan hukum anda! 

oleh Intan Fayizatul

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles