Kamis, Desember 1, 2022

Jelajah Jalur Bineka, BaLaD 2022 ajak masyarakat keliling rumah ibadah untuk hilangkan prasangka dan stigma

spot_img

Kutub.id – Hari Sabtu 19 November 2022, Jaringan Kerja Antar Umat Beragama (JAKATARUB) yang dalam rangkaian acara Bandung Lautan Damai 2022 mengadakan Jelajah Jalur Bineka. Jelajah Jalur Bineka sendiri adalah pengenalan dasar dan melihat lebih dekat rumah ibadah agama-agama yang berbeda dengan kunjungan secara langsung dipandu oleh penganut agama bersangkutan.  Pada Jelajah Jalur Bineka kali ini peserta diajak untuk berkeliling rumah yang saling berdekatan di daerah Jl. Cibadak sampai Jl. Pagarsih Kota Bandung. Rute Perjalanan dimulai dari Kong Miao yang juga tempat Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN), di lanjut dengan berjalan ke Vihara Tanda Bhakti dan Vihara Darma Ramsi, kemudian di lanjut lagi ke Klenteng Besar dan diakhiri di Gereja Paroki St. Mikael.

Kegiatan yang diikuti oleh 67 peserta dengan ragam latar belakangnya ini menjadi sesuatu yang menyenangkan dan seru, karena selain keliling beberapa rumah ibadah pada waktu pagi hari yang dimulai jam 8 pagi, para peserta juga terlihat aktif dalam perjumpaan lintas iman yang secara tidak langsung tercipta saat kegiatan Jelajah Jalur Bineka ini. Kegiatan yang diinisiasi oleh orang-orang muda ini mempersilahkan peserta untuk bertanya apa saja tentang yang ada di dalam rumah ibadah tersebut, hal itu juga berupaya agar apa yang selama ini menjadi prasangka para peserta kepada umat agama yang lain bisa terjawab.

Beberapa peserta mengaku kegiatan ini menjadi pengalaman pertama mereka dalam mengenal agama orang lain. Mengunjungi dan bersentuhan secara langsung dengan ornamen rumah ibadah agama yang berbeda, serta penjelasan dari pemeluk agamanya langsung “membuat pandangan tentang agama lain tidak seburuk seperti apa yang dikatakan oleh orang-orang di lingkungan sekitarnya dulu”, ucap salah satu peserta yang mengaku terlahir dan tumbuh dari lingkungan agama yang cukup konservatif.

Dalam Jelajah Jalur Bhineka kali ini yang diakhiri di Gereja Paroki St. Mikael, Romo Nugroho selaku Pastor di Paroki tersebut memimpin doa penutup untuk kegiatan ini, harapan beliau yang tertuang dalam doanya semoga persaudaraan orang muda lintas iman di Bandung dan di Indonesia ini terus berlanjut dan tumbuh jadi kolaborasi yang baik untuk bersama-sama menciptakan perdamaian.

“Sebelum pulang para peserta diminta untuk bertukar nomor whatsapp dan saling follow Instagram untuk terus menjalin pertemanan. Seperti prinsip JAKATARUB yang kami percayai bahwa pertemanan adalah hal penting untuk membangun dialog, kami biasa membuat slogan Dialog antar iman berawal dari dialog antar iman. Semoga praktik-praktik baik ini bisa terus berlanjut dan bisa juga dilakukan di kota-kota lainya. salam dari bandung untuk indonesia yang lebih damai.” Tutur Fikri Gusti selaku Koordinator BaLaD 2022.

Contact Person :

081322109020 (Admin JAKATARUB)

Jl. Geologi No.2C, Cisaranten Kulon, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles