Kamis, Desember 1, 2022

Kakebo: Cara Menabung Efektif Ala Orang Jepang

spot_img

Kutub.id – Sobat Tangguh ngerasa gak sih semakin dewasa pengeluaran semakin banyak. Terkadang tak terasa dan tak tahu hilangnya kemana, uang di tabungan sudah habis begitu saja. Memang sulit sekali ya untuk mengatur pengeluran. Padahal setidaknya kita harus punya tabungan untuk hal-hal yang terjadi di luar dugaan. Kalau Sobat Tangguh merasa kesulitan mengatur uang untuk menabung, MinTub mau berbagi cara menabung yang efektif ala orang Jepang yakni Kakebo.

Dari BigAlphaID Kakebo ini dalah cara menabung orang Jepang yang sudah ada lebih dari satu abad. Tepatnya cara menabung seperti ini ada di tahun 1904 dan masih bertahan hingga sekarang.

Tujuan dari Kakebo ini dalah untuk mengontrol pengeluaran dengan cara mencatat setiap pengeluaran yang ada lalu di evaluasi di setiap minggunya.

Kakebo ini pertama kali di populerkan salah satu jurnalis Jepang, Hani Motoko. Awalnya cara ini di buat untuk memudahkan para ibu rumah tangga untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran keluarga. Namun seiring dengan perkembangannya, Kakebo ini di lakukan juga oleh para pelajar Jepang.

Pada praktiknya cara menabung Kakebo membagi jenis pengeluaran dalam empat kategori. Yang pertama adalah Survival. Nah jenis pengeluaran ini adalah pengeluaran yang sifatnya pokok atau primer. Seperti makan, transportasi, tagihan-tagihan dan pengeluaran lainnya. Untuk jenis pengeluaran ini di hitung 40% dari pendapatan kita.

Yang kedua adalah Optional. Nah kalau Survival adalah pengeluaran yang sifatnya pokok, kalau Optional tidak begitu pokok, namun tetap penting. Seperti berbelanja yang sifatnya non kebutuhan dan makan di luar. Pengeluaran ini memotong 30% dari pemasukan.

Selanjutnya yakni Culture sebagai pengeluaran hiburan. Satu bulan mencari kerja tentunya kita akan merasakan jenuh. Jadi sisihkanlah 20% untuk pengeluaran hiburan kamu. Bisa kamu pake jalan-jalan, menonton di bioskop atau kegiatan lainnya.

Yang terakhir baru lah Extra. Nah ini adalah sisa 10% dari pemasukanmu yang harus kamu sisihkan untuk kamu tabung. Gunanya ya sebagai pegangan jikalau ada hal-hal yang terjadi diluar dugaan.

Nah buat kamu yang mau coba cara menabung Kakebo ala orang jepang ini, kamu bisa mulai dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran secara rinci di awal bulan. Tentukan jumlah nominal yang aka di tabung. Mencatat setiap pengeluarannya dan yang terakhir menentukan waktu evaluasinya. Apakah mau perminggu atau perbulan.

cara ini cukup efektif karena terbukti sudah sejak tahun 1904 hingga sekarang masih bisa di praktikan. buat kamu yang bingung bagaimana cara menabung, metode Kakebo ini bisa jadi cara untuk kamu memulai kebiasaan mengatur uang dan menabung. semoga bermanfaat!

Penulis: Bestari Saniya

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles