Jumat, Februari 23, 2024

Kebiasaan Rasulullah SAW Ketika Menjalankan Ibadah Puasa

Kutub.id – Bulan Ramadhan seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Tentunya puasa membuat kebiasaan-kebiasaan kita pada bulan bulan lainnya menjadi berbeda. Namun, ada kebiasaan-kebiasaan sast berpuasa pada bulan Ramadhan yang Rasulullah SAW lakukan yang tentunya bisa kita tiru.

Dari cnnindonesia ada 6 kebiasaan baik yang Rasulullah SAW lakukan ketika bulan ramadhan. Tentunya ini bisa membantu kita agar bisa tetap fit dalam menjalankan ibadah puasa.

1. Tetap Aktif

Selama berpuasa, tubuh kita harus tetap aktif. Rasulullah SAW seringkali melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki saat berpuasa. Olahraga ringan dapat membantu menjaga kesehatan dan stamina selama puasa.

2. Berbuka dengan Kurma

Banyak dari kita ketika berbuka puasa kudapan pertama yang masun ke perut adalah gorengan, es teh manis ataupun sop buah. Saat berbuka Rasulullah SAW memberikan contoh yang berbeda.

Beliau biasa berbuka puasa dengan kurma. Jika di lihat dari kacamata kesehata, kurma mampu menstabilkan kadar gula dalam darah, menyeimbangkan kadar elektrolit tubuh. Ini bisa membantu sistem pencernaanmu untuk pemanasan sebelum menyantap makanan yang berat.

3. Iatirahat yang cukup

Kita semua tahu kalau kurang istirahat bisa menjadi sumber dari banyak penyakit. Tidur cukup adalah fondasi dasar dari hidup sehat selain memperhatikan asupan bernutrisi dan aktivitas fisik. Rasulullah SAW pun melakukan hal yang sama.

Dari merdeka.com, dengan istirahat yang cukup dan tidur lebih awal, bisa membuat kita terhindar dari penyakit, memperkuat daya ingat, mengendalikan nafsu sehingga kita bisa menghindari masalah yang lebih serius seperti diabetes, obesitas dan penyakit jantun.

4. Makan perlahan

Rasulullah SAW menganjurkan kita semua untuk makan dengan perlahan. Itu kenapa beliau menyarankan untuk mengunyah makanan setidaknya 33 kali kunyahan. Bukan tanpa alasan, makan perlahan ternyata bisa membantu proses pencernaan yang terjadi di dalam tubuh kita.

5. Makan dalam Porsi Sedikit

Pasti banyak dari kita yang sudah tak asing dengan kalimat ini “makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang”. Nah ternyata Rasulullah SAW juga melakukan hak yang sama. Beliau terbiasa makan lebih sedikit untuk mencegah sakit perut.

Gimana Kutubers? Jadi lebih tahu yaa kebiasaan-kebiasaan baik yang Rasulullah SAW lajukan ketika berpuasa. Semoga bisa dipraktikan yaa agar puasamu lancar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Penulis: Bestari Saniya

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles