Sabtu, September 23, 2023

Kebiasaan sepele yang merusak kesehatan mentalmu

Kutub.id Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau musuh terbesar di bumi ini adalah diri kita sendiri. Meskipun jarang kita sadari, pikiran dan kebiasaan buruk yang kita punya dan tak jarang kita anggap sepele ternyata bisa membawa kita kepada kemunduran dan mempengaruhi suasana hati.

Kemunduran mental yang menjadi sesuatu yang paling menakutkan karena dengan rusaknya mental akan mempengaruhi segala aspek kehidupan kita. Nah disini Mintub mau kasih tau, sebenarnya apa saja sih kebiasaan kecil yang kita anggap sepele padahal sebenarnya bisa merusak kesehatan mental kita?.

Kebiasaan pertama yakni jarang bersosialisasi. Pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial yang memiliki emosi dalam diri. Sosialisasi berguna untuk mengembangkan potensi kemanusiaannya, sehingga bisa menjadi pribadi yang baik dan bisa hidup bermasyarakat. Karenanya kita akan selalu membutuhkan orang lain untuk berkembang. Kamu bisa memulai dengan berinteraksi 1-3 orang dalam sehari.

Gambar: Aulia Dwi Ulfiani on Behance

Namun jangan terlalu sering berintraksi sampai melupakan me-time. Jangan sampai energi kita habis karena terlalu semangat bersosialisasi sehingga tidak mempunyai waktu yang berkualitas dengan diri sendiri. Sesekali berbicara dengan diri sendiri itu penting. Jadi keduanya harus seimbang ya, jangan berlebihan!.

Kebiasaan selanjutnya yaitu melakukan memberi afirmssi negatif alias self talk negatif pada diri kamu. Jangan sampai mengucapkan self talk negatif kepada diri sendiri karena akan mempengaruhi kesehatan mental. Tanpa kita sadari kebiasaan ini sangat menguras energi. Perbanyaklah self talk yang positif.

Selain itu ternyata berjalan dengan membungkuk bisa merusak mentalmu karena dapat mempengaruhi mood dan juga harga diri seseorang. Penting untuk memperbaiki postur jalan, berdiri dan duduk.

Sumber: IG @maksimalindiri

Pnulis : Bestari Saniya
Editor : Siti Fatonah

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles