Selasa, Oktober 4, 2022

Keluarga Idaman! Belajar 12 Gaya Parenting dari YouTube Kimbab Family

spot_img

Kutub.id- Kimbab Family adalah salah satu channel YouTube yang menampilkan konten keluarga. Keluarga ini merupakan keluarga multi-kultural Indonesia-Korea, terdiri dari Mama Gina yang berasal dari Indonesia, Appa Jay yang merupakan warga asli Korea Selatan, serta ketiga anak mereka yaitu Suji si sulung, Yunji si tengah, dan Jio si bungsu.

Kimbab Family termasuk salah satu channel keluarga paling populer di YouTube. Bahkan keluarga ini beberapa kali menjadi trending topic di Twitter.

Awalnya, maksud mereka mengunggah video di YouTube adalah untuk memberi kabar kepada keluarga dan kerabat di Indonesia. Namun, kini keluarga Indonesia-Korea ini semakin dikenal luas dan memiliki banyak penggemar yang disebut dengan Keluarga Online.

Kimbab Family dikenal sebagai keluarga yang hangat dan inspiratif. Melalui vlog keseharian yang diupload di channel YouTube mereka, karakter dewasa Mama Gina dan Appa Jay rupanya menunjukkan gaya parenting unik yang layak ditiru oleh para keluarga muda khususnya.

Ada sedikitnya 12 gaya parenting yang bisa kita pelajari dari Kimbab Family. Mau tahu apa saja? Simak ulasan berikut ini!

  1. Suami istri yang berkompromi dalam mengambil keputusan

Di beberapa video, terlihat bahwa Mama Gina dan Appa Jay merupakan pasangan yang selalu berkompromi dalam setiap keputusan. Contohnya ketika memutuskan tempat untuk liburan, makanan yang akan dimasak dan pembagian tugas saat bersih-bersih rumah. Kita bisa melihat kerja sama yang baik di antara keduanya.

  1. Mendengarkan pendapat dan curahan hati anak-anak dalam setiap diskusi

Mama Gina dan Appa Jay termasuk orang tua yang terbuka mendengarkan pendapat anaknya, mereka memberikan kesempatan kepada anak untuk berbicara. Contohnya ketika ditanya soal rasa makanan yang dimasak, masing-masing memiliki pendapat yang berbeda.

  1. Memahami perasaan anak ketika kecewa atau sedih

Seringnya ketika anak sedih, orang tua menyuruh anak untuk tidak menangis dan murung. Namun, berbeda dengan Mama Gina dan Appa Jay, mereka memberikan validasi kepada anaknya yang sedang bersedih. Pada momen ketika Yunji kecewa dengan keputusan berlibur ke Pulau Jeju, Appa Jay berusaha menenangkannya dengan pelukan. Begitupun Mama Gina yang berusaha mencairkan suasana saat Yunji sudah mulai tenang.

  1. Mendukung minat dan bakat anak

Dalam sesi Q N A bersama anak-anaknya, Appa Jay dan Mama Gina sempat bertanya tentang cita-cita anak mereka. Mereka berusaha memahami dan tidak memaksakan kehendak. Mereka justru mendukung cita-cita yang anak-anak mereka inginkan.

  1. Mengajarkan pemahaman multi-kultural

Hal yang unik dari Kimbab Family adalah mengajarkan pemahaman multi-kultural kepada anak karena orang tuanya berasal dari negara berbeda dan tentu saja memiliki perbedaan kebudayaan. Mereka juga membiasakan komunikasi dengan bahasa ibu kedua negara yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Korea. Selain itu, mereka juga mengenalkan makanan khas kedua negara.

  1. Tidak memaksakan untuk merekam semua kegiatan anak

Tidak semua kegiatan keluarga ini direkam menjadi konten. Pada beberapa kesempatan, jika Suji, Yunji atau Jio tidak ingin direkam karena sedang asyik bermain atau sedang belajar, mereka tidak akan masuk frame.

  1. Mengajarkan anak untuk mandiri dari hal-hal kecil

Pada beberapa episode, Suji, Yunji dan Jio dibiarkan untuk membeli bakso, belanja di supermarket dan mencukur rambut secara mandiri tanpa didampingi orang tua. Terbukti mereka bisa melakukannya.

  1. Adil kepada semua anak

Appa Jay dan Mama Gina memperlakukan semua anaknya dengan adil, baik itu sulung, tengah maupun bungsu, perempuan maupun laki-laki. Mereka diperlakukan sama dengan porsinya masing-masing.

  1. Mengajarkan kerjasama

Anak-anak Kimbab Family sudah terbiasa dengan tantangan kerja sama dalam berbagai hal. Seperti membuat kue untuk ulang tahun Mama Gina, memasak untuk keluarga atau hal sederhana seperti pembagian tugas beres-beres mainan.

  1. Mengutamakan edukasi dan membatasi penggunaan gadget bagi anak

Suji, Yunji dan Jio tampak lebih sering membaca dan bermain secara langsung ketimbang bermain gadget. Itu karena Mama dan Appa belum mengizinkan mereka untuk memiliki gadget sendiri.

  1. Mengajarkan kesopanan, seperti mengucapkan terima kasih dan minta maaf

Basic manner memang perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Begitupun di keluarga ini. Jika bertemu orang lain, Suji, Yunji dan Jio akan menyapa sambil membungkuk sebagaimana adat di Korea. Anak-anak Kimbab Family juga sudah terbiasa mengucapkan terima kasih satu sama lain setelah menerima bantuan. Jika berbuat kesalahan, mereka akan saling meminta maaf dan berpelukan.

  1. Kegiatan sederhana yang bermakna bagi anak

Appa Jay dan Mama Gina selalu punya ide kreatif untuk menambah kehangatan di tengah keluarga mereka. Mereka sering melakukan berbagai kegiatan heartwarming banget. Sederhana saja, seperti bertukar surat cinta setiap menyambut tahun baru. Mereka akan menulis surat untuk masing-masing dan membacanya.

Itulah 12 gaya parenting Kimbab Family yang bisa kamu tiru. Lebih lanjut, kamu bisa tonton video-video menarik di YouTube Kimbab Family.

Editor: Renita

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles