Selasa, Oktober 4, 2022

Kembali ke Jambore, Steven Saputro Kini jadi Dokter Kontingen Jambore Nasional XI

spot_img

Kutub.id – Ketika Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat menghubungiku untuk menawariku menjadi Dokter Kontingen Daerah pada Jambore Nasional XI, saya langsung tegas menyanggupi.

Gerakan pramuka merupakan salah satu organisasi di awal-awal karirku berorganisasi, tepatnya pada saat aku masih mengenyam bangku sekolah menengah pertama. Kala itu, aku dipercaya sebagai Pratama Putra.

Berangkat dari jabatan tersebut, aku mencoba mengikuti seleksi Jambore ASEAN Ke-3 di Singapura dan lolos! Walhasil, aku dan sahabatku, Alya berhasil berangkat ke Singapura sebagai perwakilan Kwartir Cabang Indramayu.

Fun fact-nya adalah ajang itu merupakan perdana bagi Kwarcab Indramayu mengirimkan delegasinya ke luar negeri untuk mengikuti jambore. Sungguh, kehormatan dan kebanggaan bagiku untuk bisa membawa nama baik kampung halamanku di kancah internasional. 

Sebelum berangkat ke Singapura, kami beserta peserta dari kwarcab kabupaten dan kota lain, mengikuti training center yang diselenggarakan Kwartir Daerah Jawa Barat yang saat itu diketuai oleh Kak Dede Yusuf. 

Disana aku digembleng, dilatih serta diberikan materi kepramukaan dan kepanduan guna persiapan menghadapi Jambore ASEAN. Lebih dari itu, aku dipercaya sebagai juru bicara regu. Disitulah aku mulai berkenalan dan dikenal Kwarda Jawa Barat.

Kali ini, Kwarda Jawa Barat menghubungi dan memintaku untuk kembali berbakti di Gerakan Pramuka. Tidak ada alasan selain dengan lantang mengatakan, “Siap, laksanakan!.”

Sungguh, suatu kehormatan dan kebanggaan besar bagi diriku pribadi untuk kembali berbakti pada ‘siluet tunas kelapa’ dengan profesiku kini sebagai seorang dokter. Suatu kebahagiaan tersendiri bagiku untuk kembali berpesta bersama Penggalang dari seluruh penjuru negeri. 

Suatu memorabilia indah bagiku untuk kembali ke ajang jambore. Selamat mengikuti Jambore Nasional XI!

Oleh Steven Saputro

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles