Senin, September 26, 2022

KKN di Kutub #1, Dimas: Mulai Dulu Aja

spot_img

Kutub.id – Kutub.id adakan pelatihan kepenulisan bertajuk KKN: Kapan Kita Nulis? Bersama Head of Social Media Suara.com, Dimas Sagita. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring menggunakan platform teleconference Zoom pada hari Kamis (7/7/2022) yang dihadiri oleh 25 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. 

Dibuka oleh Direktur Media Center PWNU Jawa Barat, Iip D. Yahya, mengungkapkan pentingnya menulis sebagai bentuk dakwah. “Kita ada di garda terdepan untuk melawan narasi yang tidak sesuai dengan nilai Nahdlatul Ulama” Tegasnya. Sebagai tahap pertama dari serial lokakarya KKN di Kutub, kegiatan ini memberikan pemaparan tentang cara mendapatkan dan mengolah ide untuk menjadi tulisan. 

Membuka lokakarya, Sagita mengutip tips menulis ala penulis kondang, JK Rowling untuk menulis hal yang disukai, memperbanyak referensi untuk kredibilitas tulisan, membuat pola campuran agar tulisan tidak membosankan dan terakhir untuk melakukan riset sebelum memulai menulis. 

Selain itu, pria yang akrab dipanggil Mas Dimas itu juga memaparkan pentingnya analisis audiens sebagai landasan untuk menentukan gaya bahasa, jenis tulisan serta kategorisasi kanal yang sesuai. “Jangan bikin tulisan yang menclak-menclok, stick sama satu kelompok saja” Ungkap Dimas mengenai pentingnya konsistensi target.

Setelah menentukan audiens, Dimas juga menyarankan peserta untuk menarik minat pembaca pada tulisan dengan membuat teaser di media sosial. “Media sosial adalah pintu masuk audiens menuju tulisan kita” Tambahnya. Contohnya dengan menulis beberapa bait tulisan dalam utas di Twitter. 

Setelah pemaparan materi, peserta ditantang untuk menulis sebuah tulisan singkat yang kemudian akan diulas dan dipilih oleh narasumber untuk kemudian mendapatkan doorprize dari Kutub.id. Tulisan Lia Luthfiah mengenai ‘Seblak’ dan tulisan Jul Juleha mengenai ‘Kehidupan’ terpilih sebagai dua tulisan terbaik.

Menutup kegiatan, moderator acara, Siti Fatonah, menyampaikan tantangan lain bagi peserta yaitu untuk menulis sebuah artikel yang akan diulas pada pertemuan KKN di Kutub #2 pada Kamis (14/7/2022) mendatang. 

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles