Selasa, Oktober 4, 2022

Kunci Perencanaan Keuangan Bagi Milenial                             

spot_img

Kutub.id- Mandiri secara finansial tentunya menjadi idaman bagi semua orang yah. Salah satunya oleh Generasi Milenial.  Generasi yang konon katanya adalah generasi yang dekat dengan teknologi, memiliki ritme gaya hidup yang dinamis juga mau cepat belajar dengan sejalannya perkembangan teknologi dan informasi. Namun  katanya juga jika dilihat dari sisi keuangan. Kebanyakan milenial lebih boros dan menghabiskan uang dengan tidak bijak.

Oleh karena itu, mengatur keuangan jadi urusan yang tidak begitu mendapat perhatian. Padahal, memiliki perencanaan keuangan yang baik sangat diperlukan untuk masa depan. Karena itulah untuk Sahabat Tangguh yang masih milenial, perlu tahu cara mengatur keuangan agar tidak boros dan bisa lebih bijak mengatur keuangannya.

Ketika kita mengetahui cara untuk mengatur keuangan agar tidak boros, berarti kita sedang mengatur keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendek adalah memenuhi kebutuhan sehari-hari, sedangkan untuk jangka menengah dan jangka panjang adalah mempersiapkan finansial untuk kebutuhan nanti. 

Berikut kunci perencanaan keuangan bagi generasi milenial yang dibagikan oleh Mbak Prita Ghozie Perencana keuangan dan CEO Zap Finance yang  dilansir dari akun Instagramnya @pritaghozie.

Living

Sumber Gambar: Shutterstock

Alokasikan penghasilan Sahabat Tangguh untuk kebutuhan hidup sehari-hari, seperti makan, uang transportasi, pulsa, dan sebagainya. Kamu bisa melakukan perhitungan kebutuhan tersebut satu bulan sekali sehingga menjadi biaya hidup bulanan.

Playing

Sumber Gambar:  freepik

Alokasi di pos ini bisa kamu gunakan untuk bersenang-senang dan bermain. Hal ini memiliki peranan penting karena kamu juga butuh waktu untuk menjernihkan hati dan pikiran melalui kegiatan yang menyenangkan. Bisa dikatakan, ini adalah kebutuhan sekunder para milenial mengingat generasi kelahiran tahun 1980 hingga 2000 itu lebih menyukai kegiatan traveling dan semacamnya.

 Saving

Sumber Gambar: idx channel

Alokasikan sebagian penghasilan kamu melalui instrumen investasi, baik deposito, tabungan, asuransi, reksadana, maupun membeli saham. Alokasi di pos ini juga penting agar penghasilan yang kamu miliki sebagiannya dipergunakan untuk mengembangkan kekayaan sehingga tidak tergerus dengan tingkat inflasi.

Nah itu dia tiga kunci untuk perencanaan keuangan milenial. Gimana Sahabat Tangguh siap untuk menerapkan kunci tersebut? Selamat mengatur keuangan mu sendiri yah!

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles