Minggu, Desember 3, 2023

Laut Bercerita; Menuturkan Cerita Mereka yang hilang paksa

Kutub.idLaut Bercerita mengangkat berbagai tema seperti  persahabatan, percintaan, kekeluargaan, dan rasa kehilangan yang mendalam. Berkisah tentang kehidupan sekelompok mahasiswa yang memperjuangkan demokrasi Indonesia pada tahun 98. Mengambil sisi tabuh dari sebuah sejarah bangsa indonesia yang bertemakan historical, novel ini mampu membius para pembaca untuk menjelajahi sisi tabuh dari sebuah sejarah masa lalu bangsa.

Secara garis besar buku ini mengisahkan tentang perilaku kekejaman dan kebengisan yang dirasakan oleh sekelompok aktivis mahasiswa pada masa Orde Baru. Tidak hanya itu, novel ini pun merenungkan kembali akan hilangnya 13 aktivis, bahkan sampai saat ini belum juga ada kabarnya.

Cerita dalam novel Laut Bercerita terbagi dalam menjadi dua bahkan dengan jarak waktu yang cukup jauh. Pada bagian pertama diceritakan melalui sudut pandang tokoh bernama Biru Laut beserta para kawan sesama aktivisnya seraya menyelesaikan visi atau tujuan mereka. Sementara pada bagian kedua, kisahnya diambil dari sudut pandang Asmara Jati, adik dari Laut yang mempunyai tujuan atau visi yang cenderung berlainan dengan Laut.

Film Pendek Laut Bercerita atau The Sea Speaks His Name yang divisualisasikan dari novel Laut Bercerita dan diproduksi oleh Cineria Films

Laut sebagai tokoh utama yang bertutur, mengisahkan tentang aktivis organisasi dirinya bersama kawan-kawan aktivis Winarta dan Wirasena. Karena dianggap berbahaya oleh pemerintah , Laut dan kawan-kawannya secara tiba-tiba hilang dan memperoleh siksaan yang sangat tidak manusiawi, bisa dikatakan sangat sadis dan biadab.

Leila S. Chudori selaku penulis buku telah berhasil menetapkan tema dalam novel ini. Mengikuti kisah Laut, pembaca rasanya akan merasakan rasa sakit yang juga dialami oleh dia dan kawan-kawannya. Visualisasi karakter dan suasana dalam novel ini tampak sungguhan alias nyata dan hal hal yang terpenting adalah novel ini berdasarkan kisah nyata pengalaman dari para aktivis yang sempat hilang dan diculik pada Maret tahun 1998 lalu, kemudian 9 berhasil kembali dan 13 lainnya dinyatakan hilang.

Informasi buku
Judul Buku : Laut Bercerita
Penulis Buku : Leila S. Chudori
Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Tahun Terbit : 2017
Jumlah Halaman : 379 
Harga Buku : Rp 100.000
ISBN : 978-602-424-694-5

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles