Kamis, Desember 1, 2022

Macam-Macam Respon Manusia Ketika Menghadapi Trauma

spot_img

Kutub.id – Hallo Sobat Tangguh! Peranah gak sih Sobat Tangguh ada di keadaan yang tertekan hingga mempengaruhi mental hingga merasakan trauma? Setiap orang pasti memiliki respon berbeda saat berhadapan dengan hal yang membuatnya trauma.

Sama halnya seperti penyebab trauma yang berbeda-beda, respon akan trauma pun akan berbeda beda. Dari personalitydoc ternyata ada 4 respon seseorang terhadap trauma.

The Fight

Respon terhadap rauma yang pertama adalah the fight. Ketika di hadapkan dengan traumanya, respon seorang the fight akan meledak-ledak. Biasanya orang tipe ini akan sangat mudah tersulut emosi.

Ia akan berteriak, marah, menghina hingga melakukan kontak fisik untuk melawan balik sebagai perlindungan diri.

The flight

Berbeda dengan the fihgt yang meledak-ledak dan melawan sebagai bentuk perlawanan dirinya, seorang the flight akan merasa cemas, panik hingga takut sebagai respon akan traumanya.

Bukannya melawan, the flight akan merasa terancam sehingga mencari cara untuk melarikan diri. Banyak pelampiasan yang biasa dia lakukan seperti gila kerja, beres-beres, olahraga atau apapun yang membuatnya menjadi sibuk hingga bisa melupakan traumanya.

The freeze

Kalau the fight melawan dan the flight melarikan diri dengan menyibukan diri, seorang the freeze malah akan mematung. Tidak melawan juga tidak berlari. Mereka cenderung mengisolasi diri hingga berpotensi untk depresi

The fawn

Respon trauma yang terakhir adalah the fawn. Ketika mereka terancam mereka akan berusaha membuat keadaan menjadi lebih menyenangkan dan menenangkan ancamannya. Cenderung tak punya batasan dan sering mengorbankan dirinya. Orang dengan respon the fawn ini biasanya punya sifat people pleasing yang dominan.

Nah itu tadi beberapa respon yang biasanya ada ketika orang dihadapkan dengan traumanya. Kalau Sobat Tangguh dihadapkan akan trauma, bagaimana cara Sobat Tangguh meresponnya?

Penulis: Bestari Saniya

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles