Selasa, Oktober 4, 2022

Masih Bingung Pilih Kerja atau Kuliah? Yuk Simak Artikel Berikut Ini!

spot_img

Fikrah, Kutub.id– Saat ini siswa kelas 12 pasti sedang galau ingin lanjut ke mana, antara lanjut ke jenjang pendidikan selanjutnya atau kerja. Tapi biasanya kalau kerja masih bingung harus kerja apa, apa lagi kalau orangnya yang cenderung introvert, pasti kewalahan harus minta tolong ke siapa soal informasi kerja.

Jika melanjutkan pendidikannya, kadang siswa berpikir bahwa kuliah itu untuk bekerja. Jika sama halnya seperti sekolah, lantas apa bedanya dengan beres sekolah langsung bekerja? Bahkan lebih banyak waktu dan tidak ribet harus belajar lagi di bangku kuliah.

Hal ini adalah pemahaman yang keliru dari siswa yang harus kita luruskan. Kuliah itu bukan hanya untuk bekerja, tetapi lebih dari itu, banyak hal yang akan kita dapatkan dari proses perkuliahan. Jadi bagi saya melanjutkan pendidikan sampai jenjang perkuliahan itu wajib.

Agar kalian para siswa yakin untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan, yuk kenali alasan mengapa kamu harus melanjutkan pendidikan.

Pertama, membuat pola pikir lebih dewasa. Karena jenjang perkuliahan tidak sama dengan jenjang sekolah, karena mahasiswa dalam proses pembelajarannya di tuntut untuk mandiri secara pola pikir dan perilaku. Misalkan dalam pemberian tugas dan tuntutan mencari bahan materi sendiri, kalah di sekolah guru selalu memberi materi secara penuh kepada siswa.

Kedua, Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan. Karena proses pembelajaran di bangku kuliah itu tidak hanya di dalam kelas, melainkan di luar kelas juga. Contohnya ada banyak organisasi yang di dalamnya banyak kegiatan belajar dan peningkatan keterampilan juga.

Ketiga, Mencapai cita-cita. Proses dari kuliah baik secara pengetahuan atau relasinya, bisa mencapai kita untuk mewujudkan cita-cita kita.

Keempat, Memper banyak teman. Karena biasanya mahasiswa itu berasal dari luar kota bahkan luar negeri, tidak secara langsung menambah teman dan relasi untuk nanti. Apa lagi biasanya teman ini bermanfaat untuk keberlangsungan hidup kita nanti.

Kelima, mencari pekerjaan yang lebih baik. Kebanyakan yang lulus kuliah itu karier pekerjaannya lebih baik dari pada yang lulus SMA, karena ketika kuliah lebih banyak teman dan relasi.

Bagaimana sudah yakinkah untuk melanjutkan kuliah? Saya rasa kalau sudah melihat alasan-alasan untuk melanjutkan kuliah, tidak ada alasan kalian untuk tidak melanjutkannya.

Penulis: Hoerunnisa
Editor: Agung Gumelar 

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles