Senin, September 26, 2022

Mau Sampai Kapan Malasnya?

spot_img

KUTUB.ID– Perbuatan yang sering ditunda-tunda bahkan berat untuk di lakukan sudah biasa orang alami bahkan setiap orang mengalami perasaan tersebut. Sebuah penyakit yang sangat nyaman pada zonanya namun berisiko fatal yaitu penyakit malas.

Setiap pekerjaan yang harus dikerjakan dalam tepat waktu namun pekerjaan tersebut terlambat bahkan di tinggalkan, ini semua sebab penyakit apa? Benar, penyakit MALAS.

Dalam sebagian ulama mengatakan muncul rasa malas terletak pada hati yang turunnya iman sehingga mereka merasa nyaman jika meninggalkan perintah-perintah Allah beberapa pun beranggapan perasaan malas  muncul pada pola hidup kita yang sudah terlalu nyaman (zona nyaman), sehingga sulit untuk keluar dari zona tersebut.

Na’am benar, manusia tempatnya malas dan salah dan beberapa kaidah fiqih menjelaskan, apa-apa yang diperintahkan tidak seharusnya di laksanakan. Kaidah ini biasa di pakai oleh beberapa santri yang perasaannya sedang malas hehe, namun itu hanya candaan mereka belaka.

Tapi ada kalimat bagus ketika kita sedang terkena penyakit malas (sakit hati) dari syekh Imam Al-Ghazali :

Carilah hatimu di tiga tempat, temui hatimu sewaktu bangun membaca Al—Qur’an, tetapi jika kau tidak temui, carilah hatimu waktu solat, jika tidak ketemu juga, carilah hatimu ketika duduk tafakir mengingat mati, jika tidak kamu temui juga maka berdoalah kepada Allah, pintalah hati yang baru karena hakikatnya engkau tidak memiliki hati”.

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles