Jumat, Oktober 7, 2022

Media Memiliki Pengaruh dalam Mempromosikan Koeksistensi yang Damai Antarumat Beragama

spot_img

Kutub.id- Lembaga studi dan pantauan media Remotivi mengungkapkan media memiliki pengaruh dalam mempromosikan koeksistensi yang damai antarumat beragama, terutama dengan menyuarakan kelompok agama minoritas dan marginal.

Pernyataan tersebut disampaikan Peneliti Remotivi Yovantra Arief dalam agenda ‘Freedom of Religion or Belief Friendly Media’ yang digelar Suara.com bekerja sama dengan IMS pada Rabu (9/3/2022).

”Penelitian ini berupaya untuk melihat bagaimana media bekerja dalam isu kebebasan beragama dan berkeyakinan melalui tiga aspek,” katanya.

Ia juga menilai, pemberitaan mengenai konflik sangat penting untuk menginformasikan kondisi kebebasan beragama di Indonesia. Namun ketika hal itu tidak dilakukan dengan baik, justru malah akan memperburuk dan melanggengkan konflik tersebut.

”Pemberitaan perayaan keagamaan menyederhanakan keberagaman menjadi tanda-tanda fisik atau seremonial. Tren ini tidak memberi referensi hidup bersama dan mendialogkan perbedaan di tengah masyarakat yang beragam,” katanya.

Padahal, menurutnya, yang dibutuhkan saat ini lebih dari sekedar simbolik yang kerap dilakukan oleh para tokoh politik, berupa ucapan selamat saat perayaan hari besar dan semacamnya.

Untuk diketahui, program ini memberikan pendampingan terhadap media-media mitra lokal terpilih Suara.com untuk meningkatkan pemahaman terkait konten bertema keberagaman, minoritas, dan kepercayaan yang banyak berkembang di Indonesia.

Pemred Suara.com Suwarjono mengatakan, pelatihan untuk kalangan redaktur atau editor media ini untuk kembali menyegarkan pengetahuan jurnalis terkait isu kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Selain itu, Suwarjono mengatakan, banyak jurnalis yang ahli dalam membuat konten berita tapi tidak mampu membangun media dari segi bisnis.

Karena itu, dalam kolaborasi ini Suara.com akan berbagi strategi pengembangan media. Sementara IMS akan berbagi soal apa dan bagaimana konten keberagaman dan inklusif. Serta kondisinya di Indonesia.

“Saya harap ekosistem baru ini bisa saling bantu menguatkan dan maju bersama,” ungkap Suwarjono, Rabu (9/3/2022).

Sumber: suara.com
https://www.suara.com/news/2022/03/09/180421/media-memiliki-pengaruh-dalam-mempromosikan-koeksistensi-yang-damai-antarumat-beragama?page=2

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles