Kamis, Desember 1, 2022

Memperburuk Kecemasan: Ini Dia Hal yang Harus Kamu Hindari

spot_img

Kutub.id – Hallo Sobat Tangguh! Apakabarnya diakhir pekan ini? semoga selalu baik-baik saja, ya. Baik itu secara fisik ataupun secara mental. Berbicara soal mental, akhir-akhir ini isu soal mental health dan psikologi menjadi hangat dibicarakan. Banyak orang yang mengalami gangguan psikologi seperti takut, khawatir dan kecemasan.

Ketika merasakan cemas, setiap orang mempunyai caranya sendiri untuk mengurangi kecemasan itu. tapi kamu harus tahu, ada beberpa hal yang biasa orang lakukan untuk mengurangi kecemasan, malah memperburuk kecemasan itu sendiri.

Dari meaningful.me ada 6 hal yang gak boleh kamu akukan ketika kamu merasakan cemas. Yang pertama ada mengkonsumsi kafein. Untuk beberapa orang meminum kopi akan membuatnya relaks dan tenang. Dalam jumlah yang kecil tentu tidak masalah. Menjadi masalah bila asupannya tidak kita kontrol karena ini akan memperburuk kondisimu.

Kafein akan merangsang saraf pusat sehingga membuat jantungmu berdetak lebih cepat, gelisah hingga insomnia. Cobalah untuk mengontrol jumlah asupan. Akan lebih baik jika kamu menggantinya dengan kopi tanpa kafein atau menggantinya dengan teh herbal.

Hal yang gak boleh kamu lakukan ketika cemas adalah begadang. Begadang membuat kita kurang tidur sehingga membuat tubuh kurang istirahat. Ketika kita cemas, cenderung membuat tubuh menjadi susah tidur. Namun memaksakan tertidur ketika kita stress pun tidak baik karena akan membuat rasa takut semakin menjadi dan membuat kecemasan berlanjut.

Coba latih tubuh untuk mempraktikan jam tidur yang teratur. Selain itu, jika kamu merasakan cemas sebelum tidur, coba untuk melakukan relaksasi sejenak sepeti mandi, membaca buku atau melakukan meditasi.

Selanjutnya yakni memberikan tubuh asupan gula yang berlebih. Beberapa dari kita ketika stress mungkin menjadi bayak makan sehingga asupan gula yang tinggi masuk begitu saja kedalam tubuh. Ini buruk karena ketika kita banyak memakan asupan gula membuat tubuh, gula akan memberti energi yang cepat.

Begitu mencapai puncaknya, gula darah yang turunpun akan sangat cepat sehingga membuat lesu dan suasana hati menjadi rendah. Ini mengaktifkan pelepasan adrenalin dan kortisol dalam aliran darah dan akan memperburuh rasa cemas.

Hal yang perlu kamulakukan yakni mengatur pola makan dan banyak mengganti asupan gula dengan bua-buahan. Selain itu coba untuk lebih teliti dalam membeli makanan produk dengan memperhatikan kadar gula dalam kemasannya.

Hal lain yang memperparah kecemasan kamu juga adalah banyak bermain sosial media. Banyak dari kita ketika stress melampiaskannya ke sosial media dengan terus bermain dengan waktu yang lama. Ini buruk utnuk kamu karena pada akhirnya kamu akan membandingkan kehidupan kau dengan kehidupan orang lain.

Ini akan menghadirkan perasaan rendah diri dan merasa hidup kita tak mampu sehingga berakhir dengan rasa cemas. Coba untuk jauhakn telpon ketika akan tidur dan juga atur batasan waktu ketika kamu berselancar di media sosial.

Dari pada banyak menghabiskan wakti bermain sosial media, mending kamu keluar berjalan-jalan. Mencari angin dan membiarkan tubuhmu terpapar sinar matahari. Karena faktanya, ketika tubuhmu terpapar sinar matahari, ia akan mengeluarkan hormon serotonin dan memberikan tubuhmu banyak vitamin D.

Kedua unsur ini penting bagi tubuhmu karena akan memodulasi suasana hari. Ketika kamu cemas, kekurngan hormon serotonin bisa membuat suasana hatimu menjadi semakin buruk. Kamu bisa meluangkan waktu 10-30 menit untuk sekedr berjalan keluar. Selain itu penempatan meja bekerja di dekat jendela juga sangat berpengaruh pada suasana hatimu.

Itu dia beberapa hal yang bisa memperburuk kecemasanmu. Coba untuk hindari beberap kegiatan di atas agar hari-harimu terasa lebih menyenangkan.

Penulis: Bestari Saniya

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles