Jumat, Oktober 7, 2022

Mengenal SK Trimurti, Pahlawan Nasional Perempuan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

spot_img

Oleh Giswah Yasminul Jinan

Kutub.id– Banyak yang tak begitu mengenalnya, sosok perempuan kritis, cerdas dan berani. Ialah SK Trimurti, seorang tokoh nasional perempuan hebat yang jarang diketahui banyak orang.

Seorang jurnalis sekaligus aktivis perempuan yang kiprahnya dalam membangun organisasi perempuan sangatlah gemilang.

Semasa muda ia sering mengikuti kegiatan sosial, organisasi dan kariernya dalam menggeluti dunia tulis menulis. Ia aktif di berbagai organisasi keperempuanan, pemberdayaan sosial kemasyarakatan, sampai dunia perpolitikan pun ia geluti.

Bapak proklamator Indonesia bapak IR. Soekarno menjadi saksi atas kehebatan SK Trimurti. Tak salah bapak proklamator memilih SK Trimurti menjadi anak ideologis dalam memahami konsep kenegaraan dan ilmu ke pemerintahannya menjadikan SK Trimurti tergugah untuk aktif di beberapa partai saat itu.

Salah satu keahliannya dalam dunia tulis menulis juga berkat dorongan bapak Soekarno yang memberikan arahan kepadanya untuk menulis surat undangan kenegaraan dengan sangat detail dan rapi. Kegigihannya dalam menulis menjadikannya sebagai seorang jurnalis ulung kebanggaan bapak Soekarno.

Tak lepas dari dunia tulisnya, ia juga memutuskan menikah dengan seorang tokoh nasional yang namanya sering kita dengar dan memiliki keahlian yang sama dengannya dalam dunia tulis menulisnya, ialah Sayuti Melik. Orang yang pertama kali mengetik naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Sebagai seorang jurnalis, ia pernah aktif menulis di beberapa surat kabar salah satunya adalah Pikiran Rakyat. SK Trimurti juga sempat mendirikan sebuah percetakan surat kabar bernama PESAT saat masa pemerintahan Jepang.

Sudah saatnya kita kaum perempuan muda yang aktif dan memiliki semangat tinggi, bangga akan kehebatan pahlawan kita. Dan yang terpenting adalah semangat dan kegigihannya dapat terserap sebagai energi positif untuk menjadikan kita lebih menawan lagi.

Penulis adalah Wakil Ketua 1 IPPNU Kota Bandung

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles