Selasa, Oktober 4, 2022

Metode Self Soothing, Bikin Kamu Mudah Tenang

spot_img

Kutub.id – manusia di berkati Tuhan dengan berbagai emosi yang ada. menurut Psikologi Paula Ekman, manusia di berkati 6 emosi dasar yakni terkejut, takut, marah, jijik, senang dan sedih. Emosi yang kita miliki kadang kala sulit untuk kita kontrol, apalagi emosi negatif. Tapi Sobat Tangguh gak perlu khawatir, karena ternyata ada loh metode dimana kita bisa dengan mudah mengontrol emosi negatif kita dengan metode self soothing.

Dari darlingrabbits melansir psychology today, menurut Jonice Webb, Ph.D, seorang psikolog, self soothing bisa membantu kamu untuk mengolah perasaanmu, rasa sakit, marah juga kesedihan. Dengan metode ini kamu bisa menjadi orang yang lebih kuat dari sebelumnya.

Sebenarnya setiap orang punya cara masing-masing bagaimana ia mengontrol perasaannya. Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara mengontrolnya, metode self soothing ini bisa banget bantu kamu untuk mengontrol itu. dilansir dari idntimes ada 5 cara jitu untuk mempraktekan metode self shooting ini.

Conscious breathing

Kalau kita coba artikan Conscious breathing ini adalah teknik pernapasan dengan penuh kesadaran. Bernapas dengan sadar bisa membantu kamu untuk lebih relaks dan bisa berpikir jernih. Karena ketika kita stress, tubuh kita membutuhkan oksigen yang lebih untuk membantu agar tetap tenang. Coba praktekan tarik dan hembuskan napas dengan perlahan.

Self talk

usahakan untuk selalu memberi makan diri kamu dengan kalimat-kalimat yang positif. Yakinkan diri kamu kalau semua gak ada yang abadi, baik itu kebahagiaan ataupun kesedihan yang kamu rasakan saat ini. jangan terus membiarkan pikiran negatif menguasai diri kamu sehingga kamu trus tenggelam di dalamnya.

Self soothing touch

kamu bisa melakukan teknik lain seperti self soothing touch untuk membantu kamu lebih relaks. Kamu bisa dengan melakukan sedikit peregangan, setelah itu coba untuk menyentuh dada dan perutmu secara bersamaan. Rasakan tiap hembus napas yang kamu rasakan. Ini membuat kamu menjadi lebih tenang.

Mindful walking

Kamu bisa berjalan-jalan sejenak untuk melupakan rasa sedih dan tertekan. Bukan hanya sekedar jalan, kamu bisa mencari tempat sepeti taman atau kebun untuk mencari ketenangan. Jangan salah pilih tujuan ya, jangan sampai kamu sampai di tempat yang crowded yang malah akan menambah rasa mumet dalam pikiran kamu.

Self comfort

Yang terakhir adalah self comfort. Seperti yang Mintub bilang di awal kalau cara orang untuk menenangkan dirinya itu berbeda beda. Nah mungkin cara yang satu ini yang paling banyak orang lakukan yakni dengan melakukan apa yang ia suka. Mungkin ada yang suka menulis, olahraga, jalan-jalan, mendengarkan musik. Kalau Sobat Tangguh lebih suka melakukan apa ketika dalam keadaan sedih dan tertekan?

Apapun yang kamu alami saat ini, ingat ya kalau semuanya akan berlalu. Jangan hanya di pendam dan tidak melakukan apa-apa. Kamu bisa coba untuk mempraktikan beberapa cara yang Minub bagi untuk bisa meringankan bebanmu. Cheer up!

Penulis : Bestari Saniya

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles