Senin, September 26, 2022

Pentingnya Sarapan Pagi Sebelum Beraktivitas

spot_img

Kutub.id Sarapan menjadi bagian terpenting dalam memulai hari khususnya di Pagi hari. Sarapan bagaikan bahan bakar manusia yang akan menjadi energi dalam memenuhi kebutuhan pada tubuh ketika akan melakukan aktivitas.

Pagi hari biasanya banyak melakukan hal-hal yang produktif mulai berpikir dan kegiatan-kegiatan kreatif lainya otomatis organ tubuh kita butuh asupan yang cukup.

Menurut ahli gizi UGM dr Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, dikutip dalam artikel Universitas Gadjah Mada menjelaskan waktu idealnya sarapan terdapat kajian ilmiah yang berdasarkan kecukup energi dalam tubuh.

dr Mirza menjelaskan bahwa pukul 6-9 pagi termasuk waktu yang bagus untuk melakukan sarapan, namun idelanya ada di antara jam 7-8 pagi. Namun, dapat disesuaikan dengan aktivitas tertentu. Jìka melebihi jam 9 itu kurang baik karena sudah masuk dalam pemenuhan kebutuhan makan siang.

Dampak positifbya membuat tingkat daya konsentrasi kita lebih kuat dalam menjalankan aktivitas, hal ini memenuhi hak tubuh kita termasuk fungsi otak dapat berjalan dengan baik dan bagus bagi para pelajar untuk meningkatkan daya kecerdasan.

Dengan sarapan juga berdampak pada suasana hati atau mood. Karena dari menjadi bahan bakar energi sebaliknya jika merasa lapar, otak akan semakin menurun daya tingkat konsentrasinya dan mood pada dirinya.

Dampak negatif yang dapat dirasakan dalam hasil penelitian terdahulu pada umur 45-82 tahun jika tidak sarapan akan lebih rentan terkena penyakit jantung. Tidak sarapan memicu obesitas karena meningkatnya nafsu makan di siang harinya atau pada malam harinya.

Jika tidak dibiasakan, tak menutup kemungkinan akan dirasakan dalam Jangka panjang karena semakin lama kecenderungan mendatangkan penyakit lainya. Karena keseimbangan metabolisme tubuh. Ketika kekurangan metabolisme tubuh dapat menyebabkan kekurangan atau kelebihan  zat penting sehingga akan meningkatkan penyakit Kanker.

Manfaat sarapan bisa kita rasakan sebelum melakukan aktivitas tentunya kita akan meningkatkan mood yang baik, terhindar dari penyakit maagh karena kebutuhan lambung tercukupi sehingga otakpun nyaman untuk diajak berpikir serta menjalankan aktivitas. Maka dari itu pentingnya kita sarapan di Pagi hari guna sebagai bahan bakar kita dalam menjalani aktivitas.

Penulis: Anisa Novianti

Editor: Agung Gumelar

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles