Jumat, Februari 23, 2024

Penyebab Rendahnya Hormon Progesteron dan Dampaknya pada Kesuburan

Kutub.id- Apakah kamu sedang mencoba hamil tetapi belum berhasil? Bisa jadi karena hormon tidak seimbang. Ketidakseimbangan hormon adalah salah satu penyebab utama infertilitas. Salah satu hormon yang memengaruhi kesuburan perempuan adalah progesteron (hormon kehamilan).

Kadar hormon yang rendah dapat menghambat kemampuan perempuan untuk hamil. Sisi baiknya, ada cara untuk meningkatkan kadar progesteron dalam tubuh dan meningkatkan peluang untuk hamil.

Lalu, apa penyebab kadar progesteron rendah dan bagaimana cara meningkatkannya agar kamu berpeluang untuk hamil? Apa penyebab kadar progesteron rendah dan bagaimana cara meningkatkannya agar kamu berpeluang untuk hamil? Simak jawabannya pada ulasan Kutub.ID berikut ini.

Pentingnya Progesteron untuk Kesuburan
Progesteron adalah hormon seks perempuan yang mengontrol menstruasi dan kesuburan. Ini memainkan peran penting dalam memulai dan mempertahankan kehamilan juga. Korpus luteum, kelenjar penghasil hormon sementara di ovarium, menghasilkan hormon ini setelah ovulasi dan mempersiapkan lapisan rahim untuk implantasi sel telur yang telah dibuahi.

Saat hamil, hormon tersebut semakin aktif dan membantu mengembangkan pembuluh darah di lapisan rahim untuk memasok nutrisi ke janin. Jika tidak hamil, tingkat progesteron turun dan ini memulai siklus menstruasi.

Kadar progesteron dalam tubuh akan turun ketika terjadi peningkatan kadar estrogen, hormon seks utama perempuan yang mengembangkan karakteristik seksual perempuan, mengatur progesteron, dan melindungi kehamilan.

Apa Penyebab Rendahnya Kadar Progesteron?
Meskipun penyebab pastinya tidak diketahui, ada beberapa teori seputar rendahnya tingkat progesteron pada perempuan.

Tidak ada cukup bukti untuk menjelaskan penyebab rendahnya kadar progesteron pada perempuan. Namun, para peneliti percaya itu bisa jadi karena salah satu alasan berikut:

  1. Olahraga berlebihan dalam waktu lama bisa menjadi penyebab penurunan kadar progesteron.
  2. Terlalu stres dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Ini meningkatkan kadar hormon kortisol (hormon stres) dan menurunkan kadar progesteron dalam tubuh. Ini bisa menjadi salah satu alasan keguguran juga.
  3. Paparan xenoestrogen (ditemukan dalam plastik, herbisida, pestisida, minyak terhidrogenasi, margarin) dapat menurunkan kadar progesteron dalam tubuh.
  4. Berat badan berlebih menyebabkan peningkatan kadar estrogen, sehingga menurunkan progesteron. Karena itu, kelebihan berat badan seringkali menghambat kemampuan untuk hamil.
  5. Menopause.

Bagaimana Progesteron Dapat Memengaruhi Kehamilan?
Fungsi utama progesteron pada perempuan adalah penebalan rahim. Ketika kadar progesteron rendah, kemungkinan implantasi sel telur yang telah dibuahi menjadi rendah, sehingga mengurangi peluang untuk hamil.

Jika kamu belum hamil meskipun telah melakukan semua tindakan, perhatikan tanda-tanda progesteron rendah ini:

  1. Migrain,
  2. Sakit kepala,
  3. Depresi,
  4. Kurang tidur,
  5. Perubahan suasana hati,
  6. Sembelit,
  7. Kelelahan,
  8. Nyeri payudara.

Bagaimana Cara Meningkatkan Progesteron secara Alami?
Alih-alih mengonsumsi obat-obatan tertentu, kamu dapat mencoba beberapa pengobatan alami untuk meningkatkan kadar progesteron dalam tubuh. Periksa dengan dokter sebelum mencobanya. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan kadar progesteron secara alami:

  1. Hindari olahraga berlebihan. Jika kamu melakukan olahraga berat dalam waktu lama, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak kortisol atau hormon stres daripada progesteron.
    Menjaga berat badan yang sehat. Peningkatan berat badan menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Ini meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron.
  2. Mengurangi tingkat stres. Stres psikologis yang berkepanjangan membuat tubuh melepaskan kortisol atau hormon stres untuk mengelola stres. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini menghasilkan penurunan jumlah progesteron dalam tubuh. Jadi cobalah dan kelola stres dengan cara yang benar untuk menjaga keseimbangan hormon.
  3. Fokus pada diet. Makanan tertentu tidak mengandung progesteron, tetapi dapat membantu mengatur kadar hormon. Ini termasuk seng, omega 3, vitamin, serat, dan kolesterol baik.
    Sangat mudah untuk meningkatkan kadar progesteron secara alami. Ini aman, efektif, dan jauh lebih baik daripada mengonsumsi suplemen. Jadi konsumsi makanan sehat, hindari stres, dan olahraga secukupnya untuk meningkatkan produksi progesteron, sehingga meningkatkan peluang kamu untuk hamil.

Jika cara di atas masih belum berhasil, periksakan diri dan diskusikan dengan dokter mengenai cara lain untuk meningkatkan kesuburan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Editor: Renita

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles