Selasa, Oktober 4, 2022

Peran Pelajar Tanamkan Kecintaan Lingkungan Lewat Komik Digital Chlorophyl

spot_img

Oleh Azizah Karmitha Suhada

Kutub.id- Sejak dua tahun lalu, pandemi Covid-19 telah merebah dunia. Hal tersebut menjadi faktor terhentinya aktivitas sehari-hari, termasuk aktivitas pendidikan di Indonesia.

Tak ada lagi pembelajaran di kelas ataupun papan tulis, semua beralih ke dalam mode virtual, dan berada di rumah masing-masing.

Fokus menggenggam gadget, menjadi penyebab menurunnya tingkat kepedulian pelajar terhadap lingkungan alam di sekitar mereka. Hilangnya rasa tanggung jawab yang dimiliki pelajar menjadi dampak buruk bagi kemajuan generasi mendatang.
Tak disadari, bahwa keadaan alam semakin memprihatinkan. Kerusakan pada alam semakin banyak terjadi, seperti banjir, kekeringan, lingkungan yang kumuh, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, penulis berupaya menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan melalui inovasi komik digital yang berjudul Chlorophyl.

Sesuai dengan namanya, bahwa komik memiliki beberapa jenis, di antaranya bergenre humor, petualangan, biografi, dan komik ilmiah (edukasi, promosi, wayang, silat). Seperti komik digital Chlorophyl, sebuah komik terdiri dari enam halaman yang membahas peran serta tokoh utama dalam menjaga lingkungan.

Halaman pertama merupakan halaman pembuka yang bercerita tentang sosok tokoh bernama Roe. Roe adalah sebuah karbon jahat pencemar lingkungan kota dengan udara yang dihasilkan oleh asap pabrik dan kendaraan bermesin. Sedangkan, halaman kedua, menceritakan sosok bernama Chloe sebuah daun yang masih hidup di antara teman-teman yang sudah tiada.

 

Tak dipungkiri, bahwa kerusakan lingkungan disebabkan oleh manusia itu sendiri. Banyaknya mesin pabrik, kendaraan bermesin dikendalikan untuk kepentingan manusia mengakibatkan Roe (karbon) semakin mencemari keadaan lingkungan. Chloe (daun) pun menangis saat menemui Roe, ia melihat tak ada temannya yang masih hidup.

Seperti yang diceritakan pada halaman kelima, pesan moral yang dapat kita ambil ialah, Chloe tak lelah mengajak, bahkan ia berhasil menemui manusia untuk memakai masker agar terhindar dari polusi udara yang kotor. Sampai-sampai, Chloe mengajak manusia untuk membasmi Roe dengan menanam pohon bersama.

Penulis pun melakukan validasi yang dilakukan oleh tiga ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Berdasarkan data yang didapat, komik digital Chlorophyl menjadi sebuah bacaan yang valid dengan rata-rata 3,5 dan memiliki kriteria baik. Sehingga, dapat digunakan dengan sedikit revisi yang telah disesuaikan.

Penulis berharap agar desain dan kreativitas cerita mampu dikembangkan melalui media cetak maupun media massa, agar semua pihak senantiasa melakukan sinergi untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Penulis merupakan Siswi asal Sidoarjo, berhasil merebut Juara 2 Lomba Menulis Essay dalam rangka Festival Budaya Nusantara IV ISBI Bandung.

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles