Senin, September 26, 2022

Review Buku Rovering to Sucsess: Belajar dari Bapak Pramuka Sedunia

spot_img

Kutub.id – Baden Powell, nama ini mungkin tidak asing bagi anak pramuka karena beliau adalah bapak pramuka sedunia. Buku ini adalah salah satu bukunya yang terkenal selain dari Scouting For Boys. Buku ini merupakan buku self improvement yang bisa dibaca oleh kalian yang ingin membaca buku motivasi dari sosok terkenal seperti Baden Powell. 

Dalam buku ini, Baden Powell menyatakan bahwa kesuksesan yang sejati adalah kebahagiaan. Baden Powell juga menegaskan bahwa apa yang disebut kesenangan bukanlah kebahagiaan. Buku ini tentunya akan sangat menarik jika kamu sudah pernah membaca sedikitya perjalanan hidup Baden Powell, atau jika kalian memang anak pramuka pasti banyak sekali pelajaran yang sangat berhubungan dengan kegiatan kepramukaan atau secara umum kepemudaan.

Menurut Baden Powell, jalan menuju kebahagiaan dianalogikan seperti sebuah sungai deras dimana banyak sekali bebatuan yang menghadang. Jika kita salah mengambil keputusan maka perahu yang kita naiki akan menabrak batu dan tenggelam. 

Batu pertama adalah kuda, disini yang dimaksud dengan kuda adalah perjudian. Jika seorang pemuda ingin mencapai kesuksesan maka dia harus bisa bersikap ksatria. Dalam permainan atau persaingan apapun sportifitas harus dijunjung tinggi. Perjudian bagi Baden Powel adalah permainan kotor yang penuh dengan kecurangan sehingga harus kita hindari. 

Batu kedua adalah minuman keras, sekali kita terjerumus ke dalamnya maka kita akan kecanduan dan merusak tubuh kita. Ini juga merujuk pada sifat kecanduan yang dapat merusak pikiran dan karakter pemuda sehingga menghancurkan hidupnya. 

Batu ketiga adalah wanita, yang dirujuk disini adalah seks dan pernikahan. Dimana kita sebagai seorang pemuda harus paham apa resiko dari seks bebas. Selain itu, ini merujuk pada naluri seksual manusia yang hanya bisa disalurkan dengan pernikahan. 

Batu keempat adalah penindas dan pembual, ini merujuk pada sikap kita dalam politik. Tentunya kita harus punya kesadaran dan kemandirian supaya tidak terjerumus dan tertindas oleh para penindas. Batu kelima adalah tidak beragama, Baden Powell menyatakan bahwa agama bisa membentuk pribadi kita sehingga orang yang tidak beragama akan kehilangan arah dan tujuan hidupnya.

Batu-batu di atas adalah simbol dari berbagai masalah yang akan dihadapi. Sebagai seorang anak muda tentunya kita harus memahami bagaimana rintangan-rintangan yang akan kita hadapi. Setiap orang tentunya punya batunya masing-masing, namun pada intinya kita harus sadar akan berbagai cobaan dan bagaimana mengatasinya. Pada dasarnya, Baden Powell mengambil berbagai pelajaran dari pengalamannya dan kita juga bisa melakukannya pula.

Banyak sekali pelajaran yang bisa didapatkan dari buku ini. Bahkan banyak juga kisah-kisah hebat perjalanan Baden Powell yang tertulis di dalamnya. Walaupun memang buku ini lebih direkomendasikan bagi anak-anak usia SMA atau 17 tahun keatas sehingga mungkin tidak cocok bagi usia anak-anak. Namun disamping itu, tentunya banyak sekali pesan yang dapat kita ambil dalam buku ini.

Informasi Buku:

Judul: Rovering To Success

Penulis: Lord Robert Baden Powell

Penerjemah: Leinovar

Penerbit: Renebook

Ukuran:15 x 23 cm, 364 halaman

ISBN: 978-602-1201-71-8

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles