Jumat, Oktober 7, 2022

Self Healing yang Berkualitas 

spot_img

Kutub.idIsu self healing kini sudah tak asing namun  self healing kerap digunakan para anak remaja untuk menikmati jalan-jalan atau melampiaskan perasaan dari hal yang menyakitkan. Perasaan yang tidak mengenakan sering kali membuat kesehatan mental menurun, kebanyakan orang melampiaskan dengan hal-hal yang tak wajar seperti banyak fenomena bunuh diri karena stress. Banyak kasus stress biasanya yang disebabkan oleh masalah finansial, pekerjaan, bahkan perseteruan antara pasangan. 

Self healing bisa diartikan sebagai penyembuhan atau pengobatan untuk mengeluarkan perasaan atau emosi yang terpendam guna untuk memperbaiki diri baik secara mental maupun fisik. Istilah self healing banyak biasanya dirasakan ketika merasakan rasa kesal, sedih, marah yang terpendam, kenangan buruk yang mengganggu pikiran, atau istilah self healing  juga bisa disebut proses penyembuhan diri terhadap batinnya

Self healing dapat  kita lakukan dengan berbagai cara yang berkualitas, tahukah kamu self healing yang baik salah satunya dengan melakukan shalat. Ketiķa merasakan rasa sedih, rindu, kecewa, sakit sangatlah wajar dirasakan manusia namun dalam ajaran islam memberikan jalan. Kita tahu ketika shalat hendaklah seseorang sedang menghadap dengan Allah Swt, dalam firmanNya Allah bersabda dalam alquran Surah Albaqarah Ayat 153 :

“Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu sesungguhnya Allah bersama orang yang sabar” 

Inilah mengapa shalat sebagai obat penenang jiwa, seorang yang shalat dengan khusyu akan merasakan rasa gelisah, lelah, kecewa, sedih, akan berubah menjadi energi positif berupa ketenangan dalam jiwa serta rasa aman sehingga kestabilan emosi menjadi baik. 

Selain solat dapat kita lakukan dengan berdzikir, dzikir artinya mengingat allah Swt. Dalam berdzikir banyak ucapan do’a -do’a yang hendak kita minta kepada Allah swt. Self healing bertujuan untuk menentramkan perasaan dan pikiran agar menjadi lebih baik lagi, tebtu pengaruhnya dzikir dalam kehidupan kita tentu dapat merubah hal tersebut. Allah Katakan dalam Alquran surah Ar Ra’d ayat 28 

“(yaitu)orang- orang yang beriman hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah, ingatlah hanya dengan mengingat Allahlah hati menjadi tentram” 

Self healing yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang Jalan -jalan melihat pemandangan juga dapat dijadikan  sebagai bentuk self healing dalam mengeluarkan emosi, marah, kecewa. Hal ini juga bisa disebut tadabbur alam. Hal ini dapat meningkatkan keimanan kita dalam bentuk rasa syukur dalam menikmati keindahan alam semesta. self healing bertujuan agar berdamai dengan diri sendiri , dengan adanya self healing kita bisa memilih dengan cara yang berkualitas sehingga kita tidak merugikan kesehatan baik secara mental maupun fisik. 

Penulis: Anisa novianti
Editor  : Siti Fatonah

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles