Selasa, Oktober 4, 2022

Sempat Membuat Gaduh Warganet, Lantas Apa itu PSE?

spot_img

Kutub.id- Baru-baru ini, Kementerian Informasi dan Komunikasi (KOMINFO) telah mengeluarkan kebijakan terkait pemblokiran terhadap beberapa situs yang belum mendaftarkan PSE lingkup privat. Terdapat beberapa situs yang belum mendaftar PSE, seperti PayPal, Steam, Dota, dan situs lainnya.

Akibat hal tersebut, kominfo pun memblokir beberapa aplikasi yang belum mendaftar PSE. Kebijakan ini dinilai merugikan banyak pihak, seperti content creator, pekerja digital, bahkan pelaku usaha kecil.

Bagi kamu yang masih awam, mungkin sempat bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud PSE sendiri?

Mengacu pada Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020, PSE merupakan setiap orang, penyelenggara negara, badan usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan Sistem Elektronik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kepada Pengguna Sistem Elektronik untuk keperluan dirinya dan/atau keperluan pihak lain.

Singkatnya, PSE sendiri merupakan sebutan untuk pihak ketiga dalam penyelenggaraan sistem elektronik Indonesia. Oleh karena itu, para pengembang aplikasi harus segera mendaftar PSE.

Adapun PSE lingkup privat, mencakup aplikasi yang biasa kita gunakan sehari-hari, seperti media sosial, game online, e-commerce, dan aplikasi lainnya. Adapun PSE lingkup publik yaitu aplikasi di bawah naungan pemerintah, seperti Peduli Lindungi.

Pendaftaran PSE diselenggarakan guna pendataan perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Selain itu, adanya PSE ini juga bertujuan untuk melindungi negara dan masyarakat dalam ruang digital.

Itulah penjelasan singkat mengenai PSE yang saat ini tengah menjadi perbincangan hangat warganet. Mengenai kebijakan ini, bagaimana menurut kamu?

Editor: Renita

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles