Rabu, November 30, 2022

Silent Killer: 237 Ribu Kematian Karena Diabetes

spot_img

Kutub.id – saat ini banyak sekali makanan dan minuman kemasan yang beredar di pasaran. Selain itu  franchise minuman-muniman hits yang biasa di konsumsi anak muda semakin menjamur. Rasanya yang enak juga tampilan yang menarik, membuat minuan-muniman ini laku keras. Tanpa kita sadari, minuman-minuman manis yang kita konsumsi, ternyata mengandung kadar gula yang tinggi sehingga meningkatkan resiko diabetes.

Dari FYIndonesians melansir dari IDF Diabenes Atlas, pada tahun 2021 ada sekitar 537 juta orang yang hidup dengan diabetes di dunia. Dan 19,5 juta nya adalah penduduk Indonesia. Di tahun yang sama, ada 237 ribu kematian yang di akibatkan oleh diabetes.

Diabetes menjadi penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia setelah stroke dan jantung koroner. Di Indonesia sendiri pada tahun 2021 pembiayaan kesehatan untuk pengakit diabetes ini mencapai 21,2 triliun. Wow banget ya!

Memang, membangun kesadaran akan pentingnya menjaga gula darah dalam tubuh memanglah sulit. Bahkan, banyak dari kita yang gak menyadari kalau ternyata kita sudah terkena penyakit diabetes.

Penelitian pada tahun 2021 dari international Diabetes Federation menyatakan kalau indonesia adalah negara ke-5 tertinggi dengan kasus diabetes yang tidak terdiagnosis. Dari 19,5 juta penduduk indonesia yang terdiagnosis diabetes, 73,7% di antaranya atau sekitar 14,3 juta orang tidak menyadari kalau dia penderita diabetes.

Ada banyak gejala yang kita pikir biasa saja, Dari kesehatan.konta.id ternyata menjadi ciri-ciri kadar gula darah kita yang tinggi seperti lemas, pandangan kabur, selalu merasa haus, mual muntah, sering kencing, sakit kepala, sakit gigi, dan luka susah untuk sembuh.

Jika kamu merasakan hal-hal di atas secara terus menerus, MinTub sarankan untuk segera berobat dan mengecek gula darah. Jika hasilnya tinggi, artinya kamu harus memulai untuk menerapkan pola hidup yang sehat.

Dari alodokter Kamu bisa mulai dengan mengatur pola makan juga rutin berolahraga. Berat badan yang gak ideal bisa jadi indikator kalau ada yang gak beres di dalam tubuhmu. Berat badan yang gak ideal memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit ini. Tetaplah jaga berat tubuh ideal. Kamu bisa mengecek apakah berat tubuhmu ideal dengan menggunakan kalkulator IBM.

Selain itu, pengelolaan stress yang baik bisa membantumu terhindar dari penyakit ini karena saat sress tubuh akan mengeluaran hormon kortisol yang akan meningkatkan gula darah dalam tubuh. Selain hal-hal di atas, kamu bisa melakukan pengecekan gula darah secara teratur.

Kita harus mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan dengan menjaga gula darah kita agar terhindar dari penyakit diabetes. perlu kita ketahui, dalam minuman kemasan, setiap 4 gram gula artinya kita memakan satu sendok gula. Banyak ya. jadi ayo kita sama-sama menjaga kesehatan mulai dari sekarang!

Penulis: Bestari Saniya

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles