Selasa, Oktober 4, 2022

Skripsi: Sebuah Catatan Motivasi untuk Pejuang Tugas Akhir

spot_img

Kutub.id- Hampir seluruh mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan akhir pasti tidak heran lagi dengan skripsi, salah satu karya ilmiah berupa hasil penelitian terhadap suatu fenomena atau masalah yang sedang terjadi pada bidang-bidang tertentu.

Sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana, tak jarang banyak mahasiswa yang kerap kali mengalami tantangan dalam penyusunannya.

Banyak faktor yang membuat mahasiswa tingkat akhir kesulitan dalam penyusunan karya ilmiah ini, salah satunya muncul dari dalam dirinya sendiri. Banyak mahasiswa yang tidak percaya diri untuk memulai pekerjaan (menyusun), seperti halnya munculnya rasa malas, tidak ada keinginan untuk mencari tahu, dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat juga faktor eksternal yang menjadi tantangan setiap mahasiswa. Pertama, kejadian yang sering terjadi secara tidak terduga ialah komputer/laptop yang menjadi penunjang seringkali mengalami error secara mendadak. Entah mengapa, hal tersebut lumrah dan kerap dialami oleh hampir sebagian mahasiswa yang tengah menjalani proses penyusunan skripsi.

Kedua, mahasiswa sering melakukan kesalahan dalam sistematika penulisan. Sehingga, hal tersebut mengharuskan mahasiswa untuk melakukan revisi dan peninjauan mengenai penulisannya.

Ketiga, timbulnya rasa malas yang sangat tinggi. Skripsi dan revisi sangat menguras waktu, tenaga, pikiran, dan materi, bahkan skripsi dan revisi sangatlah tidak mudah bagi seluruh mahasiswa.

Meski begitu, tantangan dan hambatan yang dilalui akan teratasi jika dilawan oleh semangat yang tinggi. Untuk seluruh mahasiswa di mana pun berada, jangan pernah menyerah, teruslah semangat. Lelah dan letih yang dirasakan akan terbayar dengan kesuksesan dalam meraih impian yang selama ini diinginkan.

Semangat para pejuang skripsi!

Teks/Foto: Mia Sulistiani
Editor: Renita

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles