Senin, September 26, 2022

Tahun Baru Islam sebagai Momentum Hijrah

spot_img

KUTUB.ID– Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Bekasi Kefi Maulana Putra mengajak untuk menjadikan tahun baru ini sebagai momentum untuk meningkatkan rasa persaudaraan antar sesama umat Islam.

“Mari kita manfaatkan tahun baru Islam kali ini sebagai momentum hijrah, di tengah pandemi ini kita tingkatkan rasa persaudaraan,” ujar Kefi pada Selasa (10/8).

Pria kelahiran Bekasi itu mengatakan, tahun baru Islam mengingatkannya pada momen hijarahnya Rasullah Saw dari Makkah ke Madinah. Menurut Kefi, makna hijrah bukan hanya sekedar pindah dari suatu tempat ke tempat lain, melainkan semangat untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Mahasiswa Universitas Mitra Karya itu juga mengatakan dalam konteks pandemi, pada saat Covid-19 masih menjadi ancaman kesehatan dan sudah banyak menelan korban, “Hijrah harus dimaknai sebagai upaya mengubah hidup lebih sehat lagi, di tengah pendemi seperti ini hijrah bisa dimaknai sebagai upaya mengubah hidup lebih sehat lagi. Agar terhindar dari virus corona kita harus hidup lebih sehat lagi,” ujarnya.

Islam mengajarkan tentang pentingnya menjaga kesehatan, termasuk menjaga diri dari wabah yang mengancam nyawa atau kesehatan. Hal itu dapat kita rujuk pada penjelasan Alquran, hadits,  atau pendapat ulama.
Oleh karenanya, pergantian Tahun Baru Islam 1443 H bisa kita jadikan momentum untuk hijrah memperbarui kembali cara dan gaya hidup yang lebih baik. Pada konteks pandemi seperti sekarang ini, penting untuk memaknai arti hijrah dalam perspektif yang lebih luas.

“Hijrah dapat diartikan dengan meningkatkan ihtiar agar terhindar dari virus corona seperti menjaga kesehatan, mengkonsumsi vitamin, memakai masker, rajin mencuci dan meningkatkan ihtiar secara batin seperti memperbanyak dzikir, membaca doa, membaca Alquran, mengamalkan puasa sunnah, bersedekah, dan ibadah lainnya” tutupnya.

Pewarta: Rabiatul Adawiyah

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles