Jumat, Oktober 7, 2022

Tangkal Hoaks Dengan Melek Teknologi dan Literasi

spot_img

Cianjur, Kutub.id– Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPPNU) Provinsi Jawa Barat Sopi Apriliani mengajak pelajar melek terhadap teknologi dan literasi yang semakin hari kian berkembang dengan pesat. Pada saat yang sama juga pelajar harus memiliki ketahanan informasi lantaran berkembangnya hoaks. Karenanya, melek teknologi juga harus di imbangi dengan melek literasi.

“Guna meluruskan berita berbau hoaks, kita sebagai pelajar harus menyuguhkan informasi kepada masyarakat dengan suatu kebenaran yang kita luruskan melalui konten yang baik dan tidak menjerumuskan,” kata Sopi.

Menurut pandangannya, akhir-akhir ini masyarakat sering dihadapkan dengan kabar bohong atau berita hoaks. “Untuk itu kita sebagai pelajar harus mengupayakan mengajak masyarakat melek teknologi dan literasi,” jelasnya.

Isilah konten media sosial kita dengan hal-hal yang lebih bermutu. “Terlebih, kini sosial media makin variatif, misalnya ada Facebook, Instagram, WhatsApp dan lain sebagainya, untuk itu kita harus mengisi konten semua medsos dengan konten yang baik dan mengajarkan hal yang mendidik,” ujar mojang asal Cianjur ini.

Sopi menambahkan bahwa IPPNU adalah organisasi yang menghimpun para pelajar untuk berkumpul secara aktif dan selalu berkegiatan dalam ranah positif.

Dalam hal ini, PW IPPNU Jawa Barat mengupayakan bisa bekerjasama dengan pihak terkait. Kaitan penguatan melek teknologi bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika serta kaitan literasi dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah serta pihak lainnya. Imbuhnya

Kita upayakan bisa sinergi dengan pihak terkait baik dengan dinas maupun dengan komunitas untuk menjawab berbagai persoalan kekinian. “Mari kita melek teknologi dan literasi untuk menciptakan pelajar NU yang lebih maju dan berwawasan luas,” tandas Sopi

Pewarta: Wandi
Editor: Muhyiddin

Sumber: https://jabar.nu.or.id/detail/tangkal-hoaks-dengan-melek-teknologi-dan-literasi

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles