Jumat, Oktober 7, 2022

Tingkatkan Kepiawaian dalam Hal Menulis, PW IPPNU Jabar Adakan Sekolah Jurnalistik

spot_img

Kutub.id– Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jawa barat mengadakan Sekolah Jurnalistik guna meningkatkan kepiawaian menulis. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Media Center PWNU Jabar.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari di Gedung PWNU Jawa Barat dengan diikuti oleh 54 peserta dari perwakilan dari Pimpinan Cabang (PC) IPPNU se-Jawa Barat. Materi difokuskan dalam dua keahlian yaitu desain dan menulis. PW IPPNU Jabar juga menghadirkan narasumber-narasumber luar biasa yang sudah ahli dalam bidangnya.

Terdapat lima materi yang disampaikan kepada para peserta kegiatan, yaitu tentang pengenalan umum media NU, dilanjut materi kedua tentang menulis berita, ragam media sosial, teknik wawancara, dan yang terakhir breaking the barrier.

“Jangan pernah menjalani hal yang tidak pernah kamu sukai, jika kamu mengikuti hal yang tidak kamu sukai sama saja kamu menghalangi kesempatan orang lain . Dan itu sama saja dengan sikap dzalim,” tegas Kang Asep Saefullah, Dewan Redaksi NU Online Jabar.

Kang Asep Saefullah menyampaikan materi keempat yaitu tentang teknik wawancara. Metode yang digunakan adalah diskusi dan interaksi. Para peserta mempraktikkan langsung dengan diskusi saling melontarkan pertanyaan dan jawab.

Dengan teknik tersebut beliau berharap peserta dapat memahami dan bisa mempraktikkan langsung saat berada di tengah masyarakat. Teknik wawancara sendiri harus diawali dengan persiapan profil narasumber, kemudian dilanjut dengan persiapan pertanyaan yang lebih mendalami pertanyaan-pertanyaan terbuka.

Di akhir pemaparan materi Kang Asep Saefullah mengatakan bahwa “Apapun yang dikatakan wartawan akan menjadi patokan untuk para pembaca,” ujarnya.

Kelompok 3: Selpi Yani, Lina Jualiana, Barokatus Sholihah, Lisda Nurul Fadilah, Ai Sani Rismawati, Delis Yayi Siti Maryam, Raisya Sahifatillah.

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles