Selasa, Oktober 4, 2022

Tipe-Tipe Orang yang Suka Overthinking, Kamu yang Mana?

spot_img

Kutub.id – hallo Sobat Kutub! Buat kamu nih kalangan muda, pasti udah ga aneh sama istilah overhinking. Katanya sih overthinking ini jadi hobi anak muda jaman sekarang, emangnya iya ya? Overthinking ini adalah istilah buat menggambarkan keadaan di mana seseorang memikirkan suatu hal secara berlebihan.

Tentu, overthinkingnya tiap orang itu berbeda-beda. Ada yang mikirin nanti malem mau nongkrong pake baju apa, weekend ini mau di habiskan dengan siapa, kenapa skripsi gak kelar-kelar, udah lulus mau jadi apa dan masih banyak lagi.

Sebagian dari kita pasti sulit berhenti ketika sudah di serang overthinking. Biasanya nih malam hari sebelum tidur adalah jam rawan untuk overthinking. Banyak penelitian yang menyebutkan kalau kebiasaan overthinking ini bisa jadi penyebab stress dan depresi.

Dari banyaknya pikiran berlebih kita akan sesuatu, ternyata overthinking ini ada tipe-tipenya loh. “lah di bagi-bagi lagi ya?” iya dong, karena dengan kita tahu tipe overthinking apa yang sedang kita alami, kita jadi tau juga nih gimana sih cara buat mengatasinya. Biropsikologidinamis ngasih 6 tipe overthinking yang mungkin sedang kamu alami.

Worried person

Yang pertama ada worried person. Nah Worried person ini adalah orang-orang yang suka berlebihan memikirkan skenario terburuk yang akan terjadi dalam hidupnya. Pernah gak sih kalian tiba-tiba kepikiran “duh udah lulus jadi apa ya? Penganggurankah?” nah contoh pikiran-pikiran seperti itu yang kalian pikirkan secara berlebih yang malah membuat kalian sangat khawatir. padahal lulus aja belum kan? Hehe.

Indeciviness

Indeciviness adalah orang-orang yang selalu ragu-ragu akan berbagai hal. Namanya manusia, sebenarnya wajar kalau kita banyak keraguan dalam hidup. Ya untuk mengindari kegagalan kan tentuya. Tapi, ragu-ragu yang sehat adalah ketika kita merasakan itu dan kita pertimbangkan mana yang baik dan mana yang buruk. Yang menjadi masalah adalah ketika kita ragu dan hanya memikirkan itu secara berlebih sehingga kita tenggelam di dalamnya. Sobat Tangguh jangan sampai begitu yaa.

Mindreading

Kamu pasti pernah coba buat memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang kamu. biasanya sih kalau sehabis melakukan hal-hal yang di luar dari kebiasaan. misal kamu bukan orang yang berani berbicara di depan banyak orang, lalu kamu memberanikan diri untuk berani berbicara di depan khalayak. Mintub jamin, kamu pasti kepikiran banget “orang menilainya seperti apa ya?” .

Kamu harus ingat, di dunia ini banyak sekali hal yang ga bisa kita kontrol, termasuk pikiran. Pikiran diri sendiri aja kadang suka susah untuk mengontrolnya, apalagi pikiran orang lain. Kamu berekspektasi apa tentang pikiran orang lain tentangmu? Jangan di biasakan ya, terkadang bodo amat itu perlu.

Worthlessness

mereka adalah orang-orang yang selalu berpikir bahwa dirinya tidak berharga da selalu merendahkan diri sendiri. Kalau Mintub bilang sih ini cara baru dari selfharm. Melukai diri sendiri bukan hanya dengan sayat menyayatkan? Merendahkan diri sendiri bisa membuat kita merasa tidak mampu akan banyak hal dan berujung terkungkung dan tidak berkembang.

Worthlessness ini bisa muncul karena kamu tidak mengenal siapa diri kamu. Mengenal diri adalah langkah awal untuk kamu bisa mencintai diri kamu. Jangan suka membanding-bandingkan diri kamu dengan siapapun. Bandingkanlah dirimu dengan dirimu yang kemarin. Apa sudah jadi manusia yang lebih baik?

Rumination

Kalau worried person adalah orang yang selalu merasa khawatir akan hal apa yang terjadi di depan, rumination sebaliknya. Ia selalu mengkhawatirkan hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu. Misal kamu menghawatirkah suatu keputusan yang kamu ambil di minggu lalu. Alasan kenapa kamu bisa rumination adalah kamu sedang dalam keadaan stress. Coba untuk rehat sejenak, menarik napas panjang, jalan-jalan dan cari makanan enak!

Hopelessness

Terjadi dimana kamu terjebak dalam pikiran negatif tentang suatu hal atau keadaan yang sedang di alami. Mempunyai pikiran negatif akan suatu hal adalah hal yang lumrah. Baiknya kamu coba pikirkan solusi dari keadaan buruk yang sedang kamu alami.

Sebenarnya wajar banget kok kalau kita sesekali overthinking. Utuk menghindari penyesalan dan ketidakpastian sih Mintub rasa overthinking ini perlu. Yang tidak perlu adalah kita terlalu larut dan tenggelam akan pikiran negatif sehingga membuat kita semakin stress dan tertekan.  

Penulis : Bestari Saniya  

Baca Juga

Stay Connected

0FansSuka
20PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles